Analisis Desain dan Implementasi Learning Management System : studi Kasus Aplikasi Moodle pada Pusat Pengembangan E-Learning Universitas Brawijaya

VonyYudhaBayuPradikta (2008) Analisis Desain dan Implementasi Learning Management System : studi Kasus Aplikasi Moodle pada Pusat Pengembangan E-Learning Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini semakin pesat, menuntut berbagai sektor organisasi maupun individu mampu mengimbangi laju perkembangan teknologi tersebut. Mangingat masih banyaknya penduduk di Indonesia yang belum mampu menikmati pendidikan formal dikarenakan berbagai faktor yang menghambat, maka muncullah suatu ilmu yaitu Learning Management System , yang mengedepankan E-Learning sebagai salah satu solusi efektif dan efisien dalam menghadapi kesulitan yang dialami pendidikan konvensional melalui tatap muka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan studi kasus pada Pusat Pengembangan E-Learning Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses desain serta implementasi aplikasi Learning Management System yang diberi nama Virtual Learning Management (VLM) oleh Universitas Brawijaya selaku penyelenggaranya. Fokus penelitian ini adalah proses system development life cycle (SDLC) yang dilakukan oleh pihak penyelenggara yaitu Universitas Brawijaya dalam mengembangkan aplikasi E-Learning berbasis Open Source Moodle. Hasil penelitian menemukan bahwa pihak penyelenggara kurang memenuhi prosedur system development life cycle yang dikemukakan oleh McLeod (2001) sehingga memunculkan berbagai kesulitan dalam pelaksanaannya. Tidak berjalannya prosedur perawatan sistem mengakibatkan beberapa bug yang tidak tertangani dengan baik, juga pada kurangnya sosialisasi VLM pada pengguna mengakibatkan traffic pada situs pendidikan ini masih sedikit. Saran dari berbagai permasalahan yang muncul adalah pihak Pusat Pengembangan ELearning harus membenahi prosedur kerja sesuai dengan prosedur system development life cycle , sehingga diharapkan kesalahan maupun kekurangan yang terjadi maupun yang akan terjadi dapat direspon dengan segera.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/298/050802412
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Sep 2008 13:38
Last Modified: 23 Oct 2021 04:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113693
[thumbnail of 050802412.pdf]
Preview
Text
050802412.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item