Analisis Pengendalian Internal Sistem Penerimaan Pendapatan Dalam Perusahaan Jasa Penyedia Layanan Telekomunikasi Akses Internet Pada PT. TELKOM : Studi kasus pada PT.Telkom cabang Ponorogo.

BrahmaEkoCahyoWahyudi (2008) Analisis Pengendalian Internal Sistem Penerimaan Pendapatan Dalam Perusahaan Jasa Penyedia Layanan Telekomunikasi Akses Internet Pada PT. TELKOM : Studi kasus pada PT.Telkom cabang Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menghadapi tantangan masa mendatang kebutuhan akan informasi yang tepat dan akurat menjadi sangat penting bagi suatu perusahaan dan organisasi karena dengan menggunakan informasi akan mepermudah dalam pengambilan keputusan. Informasi dari suatu perusahaan atau organisasi dibutuhkan baik oleh pihak dalam maupun pihak luar perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi tersebut sebuah sistem informasi yang baik menjadi suatu hal yang vital. Era yang maju ini hampir semua perusahaan menngunakan fasilitas Internet. Internet merupakan jendela dunia yang mempunyai segala informasi yang dibutuhkan semua lapisan masyarakat,terutama perusahaan-perusahaan yang membutuhkan segala informasi yang akurat dan terpercaya. Penulis ingin menunjukkan bahwa pada saat ini PT. Telkom telah mempunyai Broadband access yang mampu bersaing dan menjadi kebutuhan semua orang yaitu Telkom Speedy. Dalam hal ini penulis menyajikan halhal yang berhubungan dengan sistem penerimaan pendapatan yang dipakai Telkom pada akses Speedy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif Penelitian ini juga membahas tentang pengendalian internal yang digunakan dalam pelaksanaan sistem penerimaan pendapatan, studi kasus pada PT. Telkom cabang Ponorogo yang mayoritas dari karyawannya sangat mengerti akan sistem penerimaan pendapatan dan pelaksanaan pengendalian internal yang disiplin. Keamanan sistem dan kualitas kinerja karyawan sangat membantu dalam kelancaran pelanggan mendapatkan apa yang diharapkannya dalam menggunakan Telkom Speedy. Dari analisis yang diperoleh menggambarkan tentang kelebihan dan kekurangan PT. Telkom dalam menjalankan sistem yang ada disebabkan oleh banyak faktor serta sistem yang dipakai berasal dari Telkom pusat sehingga masih ada kesalahan dan kekurangan dari sistem itu sendiri. Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa pengendalian internal dalam sistem penerimaan pendapatan khususnya Speedy mempunyai keunggulan yang mungkin tidak dimiliki oleh services provider yang lain. Dengan demikian keunggulan-keunggulan tersebut harus dapat dikembangkan lagi untuk kemajuan dari perusahaan itu sendiri serta kelemahan yang ada sesegera mungkin diminimalisasi sehingga tujuan dari perusahaan itu akan tercapai sebagai pertimbangan lebih lanjut dalam menghadapi persaingan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/296/050802410
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Sep 2008 08:30
Last Modified: 22 Sep 2008 08:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113691
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item