RisaWulandari (2008) Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Pemerintah Kota : Suatu Studi Pada BAPPEKO Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kinerja merupakan hasil kerja atau unjuk kerja, daya guna, prestasi yang dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya, yang dapat ditunjukkan dan dapat diukur. Pencapaian kinerja tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mendukung maupun yang menghambat dalam pelaksanaannya, sehingga diperlukan upaya yang sungguh-sungguh untuk mencapainya. Berdasarkan pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti upaya peningkatan kinerja pegawai pemerintah daerah kota pada Bappeko Malang. Sampai saat ini masyarakat menilai terhadap kinerja pegawai pemerintah masih rendah. Penilaian tersebut misalnya kurang disiplin, kurang taat hukum, dan masih banyak hal lain yang masih perlu ditingkatkan pelayanannya. Sebagai upaya untuk mengurangi dan menghilangkan pandangan tersebut dilakukan upaya peningkatan kinerja pegawai agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan. Seperti yang dilaksanakan oleh Bappeko Malang yakni, melalui pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, pemberian motivasi, peningkatan disiplin kerja serta tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan mengambil lokasi penelian pada Pemerintah Kota Malang dengan situs penelitiannya adalah di Bappeko Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interview/wawancara, observasi/pengamatan dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul tersebut kemudian dianalisa dan diinterprestasikan dengan teknik analisis deskriptif, dimana penulis berupaya menggambarkan apa yang senyatanya ditemui pada saat penelitian dilakukan atau keadaan dilapangan. Untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, efisien, dan efektif maka Bappeko dihadapkan dengan berbagai keterbatasan, antara lain: keterbatasan kemampuan Sumber Daya Alam, pembiayaan, dan fasilitas/ peralatan pendukung pelaksaan tugas. Untuk itu bagaimana pemerintah berupaya dalam meningkatkan kinerja pegawai dengan mengupayakan potensi Sumber Daya Manusia yang dimiliki guna keberhasilan pembangunan daerah sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis ingin mengetahui dalam rangka upaya peningkatan kinerja pegawai pemerintah daerah kota yakni di Bappeko Malang telah melakukan upaya-upaya apa saja dan faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada stakeholders yang terkait. Berkenaan dengan keadaan kinerja pegawai di Bappeko pada saat ini maka di Bappeko Malang dapat disimpulkan cukup baik namun masih perlu untuk ditingkatkan lagi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/293/050802407 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 08 Sep 2008 11:36 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 04:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113688 |
Preview |
Text
050802407.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |