Upaya Peningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat : Suatu Studi Pada RSUD Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang.

WiwinDarmayanthi (2008) Upaya Peningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat : Suatu Studi Pada RSUD Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyelenggaraan pembangunan kesehatan harus dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan karena sektor kesehatan menyentuh langsung pemberdayaan manusia sebagai ujung tombak pelaksanaan pembangunan yang diharapkan memiliki tingkat produktifitas yang tinggi dalam pembangunan. Untuk mewujudkan usaha memeratakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, maka pelaksana pelayanan kesehatan seharihari dipercayakan kepada Rumah Sakit sebagai rujukan yang oleh pemerintah memang didirikan di wilayah Kota dan Kabupaten, termasuk adalah Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang yang merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat dan berada dalam pengawasan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang. Dengan demikian agar pelayanan yang diberikan dapat memberikan kepuasan dan tercapainya derajat kesehatan yang optimal, maka Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang harus mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya apa saja yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Kabupaten Lumajang, dengan situs penelitian Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang. Analisa data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. faktor yang mendukung upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, dan faktor penghambat dari peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan Melalui adanya pendidikan dan pelatihan yang telah dilakukan maka tingkat pendidikan petugas terwujud. Dengan diadakannya evaluasi rutin maka tingkat kedisiplinan para petugas meningkat. Pada dasarnya masih ada beberapa alat yang belum dimiliki yaitu CT Scan dan alat pendingin mayat. Kesadaran akan keramahan pada diri setiap petugas pada dasarnya sudah baik. Faktor pendukung agar kualitas pelayanan kesehatan tercapai adalah tingkat pendidikan petugas yang telah memenuhi kode etik atau standar profesi sebagai pelayan kesehatan, selain itu pengalaman kerja, tingkat kedisiplinan dan keramahan dilihat sudah cukup baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu peralatan medis yang kurang memadai, terbatasnya sarana transportasi, masih adanya rangkap jabatan, dan terjadi kurangnya dukungan dana. Dari kesimpulan ini peneliti menyarankan agar rumah sakit Menambahkan peralatan medis seperti CT Scan dan alat pendingin mayat. Dari aspek sarana transportasi perlu ditambahkan ambulance 2 unit , kendaraan dinas 2 unit sedangkan sepeda motor ditambah 3 unit Menambah jumlah personil masing-masing 2 karyawan lagi untuk bagian kepegawaian dan bagian tata usaha. dan Meningkatkan jumlah prosentase rencana anggaran untuk tahun berikutnya dengan perkiraan sebesar 15% dari tahun anggaran setahun kebelakang agar bisa memenuhi kekurangan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/29/050800495
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Feb 2008 11:59
Last Modified: 23 Oct 2021 04:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113685
[thumbnail of 050800495.pdf]
Preview
Text
050800495.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item