Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian : Survai pada Mahasiswa S-1 Bisnis Angkatan 2004/2005 dan 2005/2006 Fakultas Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Menggunakan Kartu Telepon Seluler IM3.

DarmawanStyadi (2008) Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian : Survai pada Mahasiswa S-1 Bisnis Angkatan 2004/2005 dan 2005/2006 Fakultas Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Menggunakan Kartu Telepon Seluler IM3. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Periklanan merupakan komponen dari promosi yang menjadi alternatif bagi para pemasar atau pembuat iklan untuk mengkomunikasikan produknya. Media televisi, merupakan media paling banyak disukai kalangan komunikator karena akibat yang ditimbulkannya. Televisi menggunakan warna, suara, gerakan, dan musik. Selain itu pemirsanya dapat diseleksi menurut jenis program dan waktu tayangannya, sehingga dapat memberikan imajinasi dan ketertarikan terhadap suatu produk dan juga dapat memberikan alternatif pilihan bagi konsumen untuk melakukan pembelian. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh iklan IM3 di televisi secara simultan terhadap keputusan pembelian, bagaimana pengaruh iklan IM3 di televisi secara parsial terhadap keputusan pembelian, dan variabel mana yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan IM3 di televisi secara simultan terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui pengaruh iklan IM3 di televisi secara parsial terhadap keputusan pembelian, dan untuk mengetahui variabel mana yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory yaitu untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara variable bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) dalam penelitian ini yaitu Isi Pesan (X 1), Struktur Pesan (X2), Format Pesan (X3), dan Sumber Pesan (X4). Sedangkan variabel terikatnya yaitu keputusan pembelian (Y). Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Sampel yang digunakan sebanyak 62 orang (responden) dengan Instrumen penelitian kuesioner. Skala yang dipakai adalah skala likert, dan Uji statistik yang digunakan adalah korelasi linier berganda, regresi linier berganda dan regresi parsial. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel Isi Pesan (X1), Struktur Pesan (X2), Format Pesan (X3), dan Sumber Pesan (X4) terhadap keputusan pembelian (Y) dan mempunyai hubungan yang kuat dengan Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai F hitung sebesar 26,231, signifikasi 0,000 serta nilai R Square sebesar 0,648. Dalam regresi parsial, variabel Isi Pesan (X1), Struktur Pesan (X2), Format Pesan (X3), dan Sumber Pesan (X4) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian kartu IM3. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan kartu IM3 adalah variabel isi pesan (X1) dengan nilai beta 0,393 dan dan t hitung sebesar 3,795 dengan probabilitas sebesar 0,000.Dengan demikian kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian kartu IM3 adalah variabel isi pesan (X 1). Oleh karena itu disarankan agar P.T Indosat Tbk. lebih menonjolkan isi pesan dan kualitas isi pesan di dalam iklan produknya khususnya kartu telepon seluler IM3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/288/050802402
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2008 10:37
Last Modified: 23 Oct 2021 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113683
[thumbnail of 050802402.pdf]
Preview
Text
050802402.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item