SimonSofianLakamola (2008) Pesan Iklan dan Pengaruhnya terhadap Ekuitas Merek (Brand Equity). : Suatu Kajian Iklan Televisi Sepeda Motor Yamaha terhadap Ekuitas Merek pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Adminit. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam persaingan bisnis sepeda motor di Indonesia, setiap perusahaan selalu berupaya untuk memperluas pangsa pasarnya serta menempatkan diri sebagai pemimpin pasar, dan salah satu aset untuk mencapai kondisi tersebut adalah brand equity. Dalam hal peningkatan sebuah brand equity, iklan merupakan salah satu elemen penentu yang ikut serta menentukan berhasil tidaknya sebuah merek.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh pesan iklan di televisi terhadap Pembentukan Ekuitas Merek, dan untuk mengetahui dan menjelaskan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Pembentukan Ekuitas Merek sepeda motor Yamaha. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Penelitian ini berlokasi di Fakultas Ilmu Administrasi Univeritas Brawijaya Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, dan Sumber Pesan. Variabel terikatnya adalah Pembentukan Ekuitas Merek . Teknik pengukuran yang digunakan adalah skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Adminitrasi Bisnis Program S-1 Tahun 2005/2006 dan 2006/2007 Universitas Brawijaya Malang yang merupakan pengguna sepeda motor Yamaha serta pernah menonton iklan sepeda motor Yamaha di televisi yaitu sebanyak 89 orang. Sampel untuk penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin yaitu 48 orang. Metode pengumpulan data yang terdiri dari kuisioner dan wawancara serta instrumen penelitian yang terdiri dari kuisioner dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, dan Sumber Pesan, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Pembentukan Ekuitas Merek dengan memberikan kontribusi sebesar 26 %. Secara parsial, hanya variabel Struktur Pesan dan Format Pesan yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap Pembentukan Ekuitas Merek yaitu dengan probabilitas masing-masing sebesar 0,028 dan 0,042 (p < 0,05). Variabel yang berpengaruh dominan terhadap Pembentukan Ekuitas Merek yaitu variabel Struktur Pesan dengan koefisien regresi sebesar 1,933. Variabel Isi Pesan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Pembentukan Ekuitas Merek, hal ini dikarenakan isi pesan dalam iklan sepeda motor Yamaha kurang menarik perhatian responden sehingga menyulitkan responden untuk mengingat isi pesan dari iklan tersebut, selain itu isi pesan dalam iklan sepeda motor Yamaha belum mampu menyampaikan manfaat produk secara jelas. Sumber Pesan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Pembentukan Ekuitas Merek, hal ini dikarenakan model iklan yang digunakan tidak memiliki pengetahuan khusus tentang produk (sepeda motor) untuk mendukung pesan yang disampaikan atau dengan kata lain model yang digunakan tidak sesuai dengan produk, sehingga sangat sulit bagi responden untuk percaya akan hal-hal
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/27/050800493 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 28 Feb 2008 11:41 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 04:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113666 |
Preview |
Text
050800493.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |