SaifulBahri (2008) Analisis Manajemen Strategi Bauran Pemasaran Usaha Batik Tulis Madura dalam Menghadapi Persaingan : Studi Kasus Pada Sentra Usaha Batik Tulis Melati di Desa Pekandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Madura. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan bisnis, menutut banyak perusahaan untuk bisa menerapkan sejumlah strategi aplikatif dan praktis. Perusahaan juga harus berusaha memikirkan cara untuk dapat mempertahankan kelangsungan operasional dan jeli dalam menganalisis setiap peluang pasar, terutama dalam menerapkan strategi bauran pemasarannya dalam persaingan yang semakin tajam. Penelitian ini dilakukan di Sentra Usaha Batik Tulis, Desa Pekandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Madura. Proses pemahaman terhadap manajemen strategi pemasaran, sekaligus menganalisis potensi lingkungan internal dan eksternal secara tajam dan sistematis yang dilakukan Sentra Batik Tulis Melati, maka dapat dimunculkan strategi efektif bagi pasar. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, yang berusaha menggambarkan dan menjelaskan fenomena secara obyektif dan teliti berdasarkan realita lapangan untuk kemudian diperoleh kesimpulan untuk menjawab masalah yang diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berisikan sumber data primer dan sekunder, yang dilakukan dengan proses wawancara, pedoman kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai adalah kualitatif, terdiri dari analisis lingkungan eksternal dan internal, analisis matrik SWOT. Sedangkan, aspek kuantitatifnya digunakan analisis Matriks Eksternal Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), Matriks Strategic Position and Action Evaluation (SPACE) dan Matriks Quantitative Strategis Planning (QSP). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap lingkungan eksternal dan internal, diketahui bahwa Sentra Usaha Batik Tulis Melati, Desa Pekandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Madura telah mempunyai strategi yang baik untuk mengantisipasi pengaruh dari luar dan memiliki sumber daya internal yang dapat diandalkan untuk menjawab perkembangan bisnis yang terus berubah. Penentuan strategi generik melalui Matriks SPACE, diketahui bahwa strategi yang digunakan Sentra Usaha Batik Tulis Melati, Desa Pekandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Madura adalah strategi agresif yang terdiri dari pertumbuhan integratif, strategi pertumbuhan intensif dan strategi defersifikasi. Sedangkan untuk strategi utama diukur berdasarkan hasil penentuan strategi melalui Matriks QSP dan telah diketahui bahwa strategi intensif merupakan strategi paling efektif untuk diterapkan di Sentra Usaha Batik Tulis Melati, Desa Pekandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Madura.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/268/050802192 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 08 Sep 2008 09:22 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 04:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113664 |
Preview |
Text
050802192.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |