Hubungan Ekuitas Merek Terhadap Persepsi Konsumen : Suatu Kajian Aset dan Liabilitas Terhadap Pengunjung Pitstop Coffee and Tea Bar.

AprininaDiansyah (2008) Hubungan Ekuitas Merek Terhadap Persepsi Konsumen : Suatu Kajian Aset dan Liabilitas Terhadap Pengunjung Pitstop Coffee and Tea Bar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Merek dipandang sebagai identitas sebuah produk dan juga sebagai pembeda dengan produk lain. Merek memiliki makna psikologis dan simbolis yang istimewa di benak konsumen. Dalam ekuitas merek ada empat variabel yaitu kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek. Empat variabel diatas disebut aset utama ( major asset ). Variabel kelima secara langsung dipengaruhi oleh kualitas dari keempat major asset tersebut yaitu aset merek lainnya. Banyak faktor yang mempengaruhi konsumen dalam menentukan produk yang akan dibeli, salah satunya adalah dengan persepsi konsumen. Perusahaan yang memiliki ekuitas merek yang kuat maka akan memiliki persepsi konsumen yang kuat pula. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui hubungan ekuitas merek terhadap persepsi konsumen pada pengunjung Pitstop Coffee and Tea Bar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research (penjelasan). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner yang disebarkan kepada pengunjung Pitstop Coffee and Tea Bar sebanyak 100 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis chi square. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan analisis chi square menunjukkan bahwa variabel-variabel yang mempunyai hubungan signifikan terhadap persepsi konsumen (Y) menurut jenis kelamin pengunjung adalah kesan pertama mengunjungi Pitstop Coffee and Tea Bar (X 1.2 ) dengan koefisien kontingensi sebesar 0.341, alasan Pitstop Coffee and Tea Bar berkualitas (X 2 ) dengan koefisien kontingensi sebesar 0.301, frekuensi mengunjungi Pitstop Coffee and Tea Bar dalam sebulan (X 3.1 ) dengan koefisien kontingensi sebesar 0.315, sikap positif yang ditunjukkan ketika menyukai Pitstop Coffe and Tea Bar (X 3.3 ) dengan koefisien kontingensi sebesar 0.264, dan asosiasi merk (X 4 ) dengan koefisien kontingensi sebesar 0.315. Variabel-variabel yang tidak mempunyai hubungan signifikan terhadap persepsi konsumen menurut jenis kelamin pengunjung (Y) adalah sumber pengenalan Pitstop Coffee and Tea Bar (X 1.1 ) dengan koefisien kontingensi sebesar 0.189, kesadaran mengingat Pitstop coffe and tea bar (X 1.3 ) dengan koefisien kontingensi sebesar 0.16, merekomendasikan terhadap orang lain (X 3.2 ) dengan koefisien kontingensi sebesar 0.078, dan aset merek lainnya (X 5 ) dengan koefisien kontingensi sebesar 0.121. Kesan pertama mengunjungi Pitstop Coffee and Tea Bar (X 1.2 ) merupakan item yang paling kuat hubungannya tehadap persepsi konsumen menurut jenis kelamin pengunjung(Y), dengan koefisien kontingensi sebesar 0.341. Hal ini berarti apabila Pitstop Coffee and Tea Bar ingin menjaga dan meningkatkan persepsi konsumen dan jumlah konsumennya, maka harus memperhatikan mengenai hubungan dengan konsumennya melalui komunikasi yang baik dan memberikan ciri khas dari keunggulan Pitstop Coffee and Tea Bar tersebut. Dengan tidak melupakan faktor lain yang juga dapat meningkatkan persepsi konsumen terhadap Pitstop Coffee and Tea Bar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/267/050802191
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Sep 2008 09:30
Last Modified: 23 Oct 2021 04:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113663
[thumbnail of 050802191.pdf]
Preview
Text
050802191.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item