Analisis Laporan Keuangan Perusahaan Calon Debitur Sebagai Salah Satu Upaya Mengantisipasi Kredit Investasi Bermasalah : Studi Kasus pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Malang

RizkyParameitasari, (2008) Analisis Laporan Keuangan Perusahaan Calon Debitur Sebagai Salah Satu Upaya Mengantisipasi Kredit Investasi Bermasalah : Studi Kasus pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang bertujuan untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit. Melalui penyaluran kredit, bank memperoleh bunga sebagai pendapatan bagi bank. Kredit akan dapat mendorong pengembangan usaha, mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, memberikan sumbangan pendapatan usaha bank. Akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak semua dana yang dihimpun dari masyarakat bisa tersalurkan dengan baik sesuai dengan tolak ukur yang telah ditetapkan dan penyaluran kredit kepada masyarakat kerap kali mengalami hambatan dalam hal pengembalian pinjaman kepada pihak bank dan nyaris semua bank yang beroperasi di Indonesia mengalami kredit bermasalah. Bank Jatim sebagai Bank Pembangunan Daerah tentunya ikut berperan aktif dalam pembangunan daerah salah satunya dengan penyaluran kredit nvestasi. Kredit investasi merupakan kredit jangka panjang yang rawan tidak tertagih (bermasalah). Untuk itu diperlukan analisis yang tepat yaitu salah satunya adalah tinjauan dalam aspek keuangan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif dengan metode studi kasus. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Malang, Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 26-28 Malang pada bagian Pemasaran dan Kredit Kecil Program (KKP). Fokus penelitian meliputi, laporan keuangan berupa neraca dan rugi laba, serta analisis rasio antara lain, likuiditas, aktivitas, profitabilitas, leverage (hutang), arus sumber dan penggunaan kas dan modal kerja, serta kelayakan rencana investasi. Analisis laporan keuangan yang diterapkan oleh Bank Jatim meliputi teknik analisis Common Size dan analisis rasio. Mengingat kredit investasi merupakan kredit jangka panjang yang memiliki resiko tinggi untuk tidak tertagih, terdapat beberapa teknik-teknik lain secara teori yang dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih efektif. Teknik analisis yang digunakan meliputi, teknik analisis sumber dan penggunaan kas, analisis sumber dan penggunaan modal kerja, tambahan rasio keuangan, analisis investasi, analisis tingkat kemampuan perusahaan membayar kewajiban financial tetap. Dari hasil analisis, baik dari Bank Jatim Cabang Malang serta analisis yang dilakukan penulis diketahui bahwa kedua sampel perusahaan mempunyai kondisi yang baik sehingga layak untuk diberikan kredit, karena dimungkinkan tidak terjadi kredit bermasalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/255/05002046
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2008 11:17
Last Modified: 23 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113654
[thumbnail of 050802046.pdf]
Preview
Text
050802046.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item