Upaya Meningkatkan Profitabilitas Untuk Mendukung Kinerja Koperasi : Studi Kasus pada KPRI Serba Usaha Universitas Brawijaya Malang.

NoveraGustirini (2008) Upaya Meningkatkan Profitabilitas Untuk Mendukung Kinerja Koperasi : Studi Kasus pada KPRI Serba Usaha Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Koperasi sebagai organisasi yang berwatak sosial harus mampu menjalankan kegiatannya secara seimbang, jangan sampai kegiatan ekonominya hanya dilandasi oleh nilai-nilai social saja. Keberhasilan manajemen dalam mengelola koperasi salah satunya dapat dilihat dari laporan keuangannya. Dalam usaha untuk mendapatkan keuntungan adalah hal yang tidak mudah, banyak terdapat kendala baik berasal dari dalam maupun luar perusahaan. Salah satu contoh dari internal perusahaan adalah pengeluaran biaya-biaya yang tidak sesuai dengan apa yang telah dianggarkan, tidak tersedianya sumber dana kas dalam jumlah yang cukup untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan dan terkadang terdapat jumlah kas yang terlalu berlebihan dan penggunaannya mencerminkan jumlah kebutuhan yang tidak benar-benar diperlukan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang cara meningkatkan profitabilitas guna mendukung kinerja koperasi dama hal ini Koperasi Pegawai Republik Indonesia Serba Usaha Universitas Brawijaya Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis laporan keuangan dengan menggunakan berbagai metode. Berkaitan dengan masalah penggunaan kas, KPRI perlu melakukan efisiensi dalam pengeluaran biaya dalam hal ini biaya operasional dan biaya organisasi serta meningkatkan penjualan demi meningkatkan laba. Berdasarkan analisis dan interpretasi data terhadap laporan keuangan diketahui bahwa tingkat rasio keuangan koperasi dapat dikatakan cukup baik, namun dalam tiga tahub terakhir masih mengalami fluktuasi/naik-turun, tidak ada suatu kecenderungan untuk meningkat secara konstan. Hal ini salah satunya dapat dilihat dari profitabilitasnya dengan indicator ROI dan ROEnya. Dengan adanya efisiensi biaya dan peningkatan penjualan dapat meningkatkan profitabilitasnya dari 14,5% menjadi 15,6% , atau mengalami kenaikan sebesar 1,1% antara tahun 2006 dengan proyeksi laporan keuangan tahun 2007.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/252/050802043
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Sep 2008 08:55
Last Modified: 23 Oct 2021 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113651
[thumbnail of 050802043.pdf]
Preview
Text
050802043.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item