ChristiantoAdiWicaksono (2008) Pengaruh Desain Toko (Store Design) terhadap Keputusan Pembelian : Survey pada Konsumen Hypermart Malang Town Square, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Modern retail merupakan suatu jenis usaha perdagangan yang masih tergolong baru di Indonesia pada khususnya. Dalam melaksanakan usaha ini, seorang pengusaha dituntut untuk memiliki pemahaman yang jelas terhadap keseluruhan faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusannya untuk melakukan pembelian ketika berbelanja dalam toko, seperti: Pencahayaan, Suara, Sirkulasi Udara, Tata Letak, Penunjuk Arah, dan Warna yang secara keseluruhan merupakan unsur-unsur dari Desain Toko. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel Desain Toko terhadap Proses Keputusan Pembelian yang dilakukan konsumen pada Hypermart Malang Town Square dan untuk mengetahui variabel-variabel Desain Toko yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Proses Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dengan metode survey untuk menyoroti adanya hubungan antara variabel-variabel dalam konsep Desain Toko yang meliputi: Pencahayaan, Suara, Sirkulasi Udara, Tata Letak, Penunjuk Arah, dan Warna terhadap variabel terikat yaitu Proses Keputusan Pembelian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner, teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 orang konsumen Hypermart Malang Town Square. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi berganda, regresi linier berganda, dan regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak (simultan) variabel bebas dalam konsep Desain Toko (Store Design) yang meliputi Pencahayaan, Suara, Sirkulasi Udara, Tata Letak, Penunjuk Arah, dan Warna mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel terikat Proses Keputusan Pembelian, dengan nilai F-hitung sebesar 4,531 dan nilai probabilitas sebesar 0,001. Analisis regresi parsial menunjukkan bahwa variabel Tata Letak merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap Proses Keputusan Pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-hitung sebesar 7,757 dengan probabilitas sebesar 0,000 dan didukung nilai koefisien regresi terbesar yaitu 0,299. Analisis regresi parsial juga menunjukkan variabel Suara sebagai satu-satunya variabel dari Desain Toko yang memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap Proses Keputusan Pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-hitung sebesar 1,279 dengan nilai probabilitas yang lebih besar dari dari 0,05 yaitu sebesar 0,202. Hal ini disebabkan karena letak Hypermart bersebelahan dengan counter-counter toko lain yang juga berada dalam mall Malang Town Square, dimana toko-toko tersebut juga menggunakan suara sebagai sarana promosi mereka dalam menarik perhatian konsumen, sehingga konsumen menjadi tidak fokus pada suara yang dihasilkan Hypermart.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/25/050800491 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 28 Feb 2008 11:25 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 03:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113648 |
Preview |
Text
050800491.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |