Pelaksanaan Strategi Marketing Public Relations Melalui Analisis STOP-SIT (Segmentation, Targeting, Objective, Sequence Of Tools, Integrating, Tools) : Studi pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Malang.

RiniSetiani (2008) Pelaksanaan Strategi Marketing Public Relations Melalui Analisis STOP-SIT (Segmentation, Targeting, Objective, Sequence Of Tools, Integrating, Tools) : Studi pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi Marketing Public Relation s pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Malang serta untuk menganalisis pelaksanaan strategi Marketing Public Relation s pada AJB Bumiputera 1912 Malang melalui Analisis STOP-SIT ( Segmentation, Targeting, Objectives, Positioning, Sequence of Tools, Integrating, Tools ). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan demikian penelitian ini akan menghasilkan gambaran apa adanya yang sesuai dengan kenyataan yang ada pada saat penelitian dilakukan. Kemudian diadakan analisis terhadap masalah yang dihadapi, baik secara teoritis maupun praktis guna mendapatkan pemecahan masalah yang tepat. Penelitian ini mengambil lokasi pada AJB Bumiputera 1912 Malang, Jawa Timur. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis STOP-SIT ( Segmentation, Targeting, Objectives, Sequence Of Tools, Integrating, Tools ). Hasil yang didapat adalah pelaksanaan strategi Marketing Public Relations pada AJB Bumiputera 1912 Malang meliputi publikasi yang dilakukan lewat media website AJB Bumiputera 1912, surat kabar, Yellow Pages , majalah pelanggan, serta brosur ); Penyelenggaraan event yang meliputi event menyambut Hari Ulang Tahun AJB Bumiputera 1912 berupa mengadakan donor darah dan tasyakuran, even HUT AJB Bumiputera 1912, event sidang tahunan BPA; untuk Sponsorship , AJB Bumiputera 1912 Malang tidak melakukan secara langsung, sebab pelaksanaan sponsorship diatur langsung oleh kantor pusat yang ada di Jakarta yaitu kantor pusat pernah melakukan sponsorship pada acara Sea Games XXII tahun 2003 di Vietnam; Pemberitaan yang dilakukan AJB Bumiputera 1912 Malang melalui website dan majalah pelanggan; AJB Bumiputera 1912 Malang juga melakukan pidato di depan anggota DPRD Malang; Untuk aktivitas pelayanan publik, AJB Bumiputera melakukan kunjungan ke panti asuhan, dan dalam media identitas yang digunakan oleh AJB Bumiputera 1912 Malang berupa gedung, brosur, formulir polis asuransi, kartu nama khusus karyawan, souvenir, buku agenda, dan note book . Hasil yang didapat setalah melakukan analisis terhadap pelaksanaan strategi Marketing Public Relations yang dilakukan oleh AJB Bumiputera 1912 Malang dengan menggunakan analisis STOP-SIT ( Segmentation, Targeting, Objectives, Positioning, Sequence of Tools, Integrating, Tools ) dapat dipaparkan sebagai berikut: Segmentation , segmentasi yang ingin dituju adalah segmentasi kelas menengah ke atas dan kelas menengah ke bawah, proses penentuan segmentasi masih bersifat sentralisasi, dan langkah AJB Bumiputera untuk memahami market dengan melakukan riset, talk show maupun on-air lewat radio; Targeting , target AJB Bumiputera 1912 Malang adalah menjadi asuransi jiwa nasional, dasar pemilihan target ditentukan oleh kantor pusat yang terletak di Jakarta, yang terlibat dalam proses Targeting yaitu Badan Perwakilan Anggota (BPA), Komisaris, Direksi, dan kepala cabang dari kantor cabang Bumiputera, dan strategi cakupan pasar dalam targeting dengan menggunakan pendekatan pemasaran terkonsentrasi ( a concentrated marketing approach ); Objectives , objectives dari strategi Marketing Public Relations yaitu dengan melakukan sponsorship, dengan melakukan sponsorship maka strategi Marketing Public Relations

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/246/050801922
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Jul 2008 15:57
Last Modified: 23 Oct 2021 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113646
[thumbnail of 050801922.pdf]
Preview
Text
050801922.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item