YulifanKholis (2008) Penggunaan standar klasifikasi koperasi sebagai salah satu alat penilaian kinerja keuangan koperasi : studi kasus pada primer Koperasi Pegawai PT. Pos Indonesia Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Koperasi adalah badan usaha yang mengorganisir pemanfaatan dan pendayagunaan sumber daya ekonomi para anggotanya atas dasar prinsip-prinsip koperasi dan kaidah usaha ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup anggota pada khususnya dan masyarakat daerah kerja pada umumnya, dengan demikian koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat dan soko guru perekonomian nasional. Sebagai soko guru perekonomian nasional hendaknya koperasi mendapat perhatian lebih karena peranannya sangat diperlukan dalam mengembangkan potensi ekonomi rakyat dalam mengembangkan demokrasi ekonomi. Penilaian kinerja keuangan koperasi didasarkan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang telah dilaksanakan koperasi. Meskipun RAT dilaksanakan sebagai suatu bentuk transparansi manajemen, namun hal tersebut belum mampu memberikan gambaran mengenai kinerja keuangan koperasi secara jelas dan akurat karena RAT hanya memberikan gambaran keadaan keuangan koperasi hanya pada tahun yang bersangkutan. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk mengetahui sejauh manakah kinerja keuangan Primer Koperasi Pegawai PT. Pos Indonesia Malang (PRIMKOPPOS) selama periode tahun 2002 hingga tahun 2006 dengan menggunakan tehnik analisis rasio keuangan berdasarkan SK Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah nomor 129/kep/M/KUKM/XI/2002 tentang Klasifikasi Koperasi dari sisi keuangan. Klasifikasi Koperasi adalah kegiatan untuk menilai kondisi atau kinerja suatu koperasi dalam suatu periode tertentu, dengan menggunakan kriteria atau standar penilaian yang ditetapkan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (Surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah nomor 129/kep/M/KUKM/XI/2002). Tujuan dari Klasifikasi Koperasi adalah menetapkan peringkat kualifikasi koperasi, mengetahui kinerja koperasi dalam suatu periode tertentu dan mendorong koperasi agar menerapkan prinsip-prinsip koperasi dan kaidah bisnis yang sehat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode penelitian yang menjelaskan dan menggambarkan obyek penelitian secara sistematis dan terperinci guna mendapatkan hasil yang lebih jelas dan akurat mengenai kinerja keuangan Primer Koperasi Pegawai PT. Pos Indonesia Malang. Berdasarkan hasil analisis data yamg dilakukan, dapat diketahui bahwa Primer Koperasi Pegawai PT. Pos Indonesia Malang berdasarkan hasil analisis rasio keuangan menurut SK Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah nomor 129/kep/M/KUKM/XI/2002 dari sisi keuangan dinyatakan kurang baik karena adanya hasil penilaian keuangan yang rata-rata masih jauh dibawah standar yang telah ditetapkan dalam Standar Klasifikasi Koperasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/24/050800490 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 28 Feb 2008 10:41 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 03:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113640 |
Preview |
Text
Abstrak,kata_Pengantar,Daftar_Isi,Daftar_Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I-V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
CAVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |