Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pasien untuk Memilih Rumah Sakit : Survai pada Pasien Poliklinik Spesialis Rumah Sakit Tk.II.04.05.01 Dr. Soedjono Magelang.

DinaFitriasari (2008) Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pasien untuk Memilih Rumah Sakit : Survai pada Pasien Poliklinik Spesialis Rumah Sakit Tk.II.04.05.01 Dr. Soedjono Magelang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinamika bisnis terutama di sektor jasa sekarang ini terlihat dengan makin tingginya tingkat perkembangan dan persaingan industri jasa, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang berbeda. Perumusan strategi pemasaran yang tepat dirasa sangat perlu agar perusahaan mampu menempatkan posisinya di pasar sasaran. Perencanaan strategi harus dibuat dengan mempelajari fakto-faktor yang penting untuk mencapai tujuan. Faktor-faktor yang penting tersebut itulah yang disebut sebagai marketing mix , dengan lebih memperhatikan marketing mix maka akan memberikan nilai lebih perusahaan kepada konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1)Bagaimana pengaruh variabel-variabel marketing mix secara simultan terhadap keputusan pasien untuk memilih rumah sakit?, 2)Bagaimana pengaruh variabel-variabel marketing mix secara parsial terhadap keputusan pasien untuk memilih rumah sakit?, 3)Variabel marketing mix manakah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pasien untuk memilih rumah sakit? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara simultan antara variabel dalam marketing mix terhadap pasien untuk memilih rumah sakit, untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial variabel dalam marketing mix terhadap keputusan pasien untuk memilih rumah sakit, serta untuk mengetahui variabel marketing mix yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pasien untuk memilih rumah sakit. Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research dengan tujuh variabel bebas yaitu produk (X 1 ), harga (X 2 ), promosi (X 3 ), tempat (X 4 ), pelaku (X 5 ), proses (X 6 ), buki fisik (X 7 ) serta variabel terikat yaitu keputusan pasien untuk memilih rumah sakit (Y). Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Tk.II.04.05.01 Dr. Soedjono Magelang dengan sampel sebanyak 98 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan analisis regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel-variabel marketing mix yang terdiri dari, variabel produk (X 1 ), variabel harga (X 2 ), variabel promosi (X 3 ), variabel tempat (X 4 ), variabel pelaku (X 5 ), variabel proses (X 6 ), dan variabel bukti fisik (X 7 ) terhadap keputusan pasien untuk memilih rumah sakit (Y) dengan nilai F hitung sebesar 29,889, signifikansi 0,000 serta nilai Adjusted R Square sebesar 0,6746. Dalam analisis regresi parsial, variabel produk (X 1 ) variabel harga (X 2 ), variabel promosi (X 3 ), variabel tempat (X 4 ), variabel pelaku (X 5 ), variabel proses (X 6 ), dan variabel bukti fisik (X 7 ) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pasien untuk memilih rumah sakit. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pasien untuk memilih rumah sakit adalah variabel proses, dengan nilai beta 0,281 dan t hitung sebesar 3,675 dengan probabilitas sebesar 0,000. Dengan demikian kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pasien untuk memilih

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/236/050801901
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Jul 2008 16:09
Last Modified: 23 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113636
[thumbnail of 050801901.pdf]
Preview
Text
050801901.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item