SriwahyuniIntanRohani (2008) Pengaruh Penerapan e-Learning Terhadap Motivasi Belajar : Studi pada SMK Negeri 4 Malang Program Keahlian RPL. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Fenomena yang terjadi saat ini menunjukkan adanya perkembangan teknologi informasi yang sudah tidak terbendung lagi. Perkembangan teknologi informasi ini mendorong munculnya cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-Life , artinya kehidupan saat ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Bermula dari sinilah sekarang ini muncul berbagai aktivitas yang berbasis elektronik, antara lain e-Commerce , e-Government, e-Business, e-Mail, e-Laboratory , e-Library, e-Medicine, e-Magazine, e-Book, e-News, tidak terkecuali e-Learning. e-Learning adalah sebuah metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. e-Learning memiliki empat komponen utama (variabel-variabel) yaitu materi ( content ), siswa ( partisipant ), pengajar ( tutor ) dan teknologi., yang berpengaruh terhadap keberhasilan dalam penerapannya. Penerapan e-Learning sebagai media pendidikan dalam pembelajaran, merupakan sebuah terobosan baru yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, karena e-Learning dapat menghadirkan nuansa baru dalam kegiatan belajar mengajar serta memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk berinteraksi dengan sumber belajar sehingga siswa menjadi tidak bosan untuk menghabiskan waktunya dengan kegiatan menimba ilmu. Banyaknya ragam aktivitas yang dapat dilakukan melalui e-Learning akan menggugah ketertarikan dan rasa ingin tahu siswa sehingga siswa termotivasi untuk semakin giat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatory dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada SMK Negeri 4 Malang yang berlokasi di Jalan Tanimbar No. 22 Malang. Sampel yang diambil sebesar 49 orang pengambilan sample ini menggunakan metode stratified random sampling. Sedangkan, untuk analisis datanya menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis variabel materi (X 1 ), siswa (X 2 ), pengajar (X 3 ) dan teknologi (X 4 ) memberikan pengaruh terhadap variabel motivasi belajar siswa (Y) sebesar 65.7%, sedangkan sisanya sebesar 34.3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel bebas yang diteliti dalam penelitian ini. Disamping itu, hasil analisis regresi dapat membuktikan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan terdapat pengaruh secara simultan dan parsial antara variabel materi, siswa, pengajar dan teknologi terhadap motivasi belajar siswa dapat diterima. Dari penelitian yang telah dilakukan, penerapan e-Learning yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan akan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap meningkatnya motivasi belajar siswa. Artinya bahwa semakin baik penerapan e-Learning pada sebuah instansi/lembaga pendidikan maka akan berdampak pada semakin meningkatnya motivasi belajar siswa. Diharapkan dengan dilakukannya penelitian ini, penerapan e-Learning pada instansi/lembaga pendidikan yang bersangkutan akan semakin baik dari segi kualitas maupun fasilitasnya sehingga motivasi belajar siswa juga meningkat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/232/050801898 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 01 Aug 2008 15:42 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 03:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113632 |
Preview |
Text
050801898.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |