Pengaruh kualitas informasi terhadap efektivitas keputusan : studi pada Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian (BALITKABI) Malang

ErgardRovinoSyamsiar (2008) Pengaruh kualitas informasi terhadap efektivitas keputusan : studi pada Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian (BALITKABI) Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pencapaian tujuan organisasi merupakan fokus utama dibentuknya organisasi, baik organisasi bisnis maupun organisasi publik. Suatu organisasi akan berhasil mencapai tujuan apabila didukung dengan kemampuan sumberdaya yang memadai. Tidak terkecuali dengan informasi yang merupakan sumberdaya pendukung dalam membantu kelancaran pencapaian tujuan organisasi. Dalam setiap organisasi modern, baik organisasi besar maupun kecil yang dalam aktivitasnya mempunyai kompleksitas tinggi, sering muncul masalahmasalah baru yang kompleks dengan tiada henti-hentinya. Menghadapi masalah semacam itu memerlukan keputusan yang cepat, tepat, dan akurat. Tersedianya informasi yang tepat mempermudah pimpinan organisasi untuk dapat melakukan pengambilan keputusan-keputusan penting secara cepat dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara variabel kualitas informasi terhadap efektivitas keputusan serta untuk mengetahui seberapa tingkat pengaruh variabel kualitas informasi terhadap variabel efektivitas keputusan yang dimoderasi oleh variabel KSA (knowledge, skill, ability). Berdasarkan tujuan penelitian yang telah ditetapkan maka penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian (BALITKABI) Malang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah efektivitas keputusan sebagai variabel terikat dan variabel bebasnya adalah kualitas informasi serta KSA (knowledge, skill, ability) sebagai variabel moderating. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, dan analisis regresi moderat yang perhitungannya dilakukan dengan menggunakan SPSS 13.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis variabel kualitas informasi (X) terhadap variabel efektivitas keputusan (Y) terbukti bahwa terdapat pengaruh. Sebanyak 24,7% besarnya variabel efektivitas keputusan (Y) ditentukan oleh variabel kualitas informasi (X). Sisanya sebesar 75,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel bebas yang diteliti. Sedangkan besarnya derajat pengaruh dari variabel kualitas informasi (X) terhadap variabel efektivitas keputusan (Y) ditunjukkan dengan angka sebesar 0,497. Ini berarti mempunyai pengaruh yang sedang. Sedangkan berdasarkan hasil analisis regresi moderat, variabel knowledge (Z1), skill (Z2), dan ability (Z3) berlaku sebagai variabel bebas biasa (independent variabel). Saran yang diberikan bagi Balitkabi terkait dengan hasil penelitian adalah sebaiknya Balitkabi perlu memperhatikan informasi-informasi apa saja yang dapat mendukung dalam pengambilan keputusan, peningkatan penggunaan internet untuk memperoleh informasi-informasi yang lebih up to date, serta perlu diadakan pelatihan-pelatihan guna meningkatkan KSA (knowledge, skill, ability) pegawainya khusunya yang bertindak sebagai pengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/2/050800183
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2008 13:34
Last Modified: 22 Oct 2021 09:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113596
[thumbnail of 050800183.pdf]
Preview
Text
050800183.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item