Upaya Kantor Pelayanan Pajak Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Untuk Menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan PPh (Pajak Penghasilan) : Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Balikpapan, Propinsi Kalimantan Timur.

NisaEkawati (2008) Upaya Kantor Pelayanan Pajak Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Untuk Menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan PPh (Pajak Penghasilan) : Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Balikpapan, Propinsi Kalimantan Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas kontribusi pajak terhadap pembiayaan anggaran pemerintah dalam beberapa tahun terakhir yang meningkat tajam. Kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan mempunyai posisi strategis dalam meningkatkan penerimaan pajak. Dengan demikian pengkajian terhadap upaya atau usaha yang dapat mempengaruhi kepatuhan wajib pajak untuk menyampaikan SPT PPh (Pajak Penghasilan) Tahunan sangat perlu diperhatikan yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan peneriman dari sektor pajak. Sebagaimana dikemukakan di atas, di dalam sistem self assesment yang berlaku sekarang ini maka penagihan pajak yang dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan merupakan wujud law enforcement untuk meningkatkan kepatuhan yang menimbulkan aspek psikologis bagi wajib pajak. Tujuan penelitian ini adalah memfokuskan pada: (1) Upaya yang dilakukan KPP Balikpapan dalam rangka meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak dalam menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan) tahunan PPh (Pajak Penghasilan) dan (2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat terhadap kepatuhan Wajib pajak dalam penyampaian SPT (Surat Pemberitahuan) tahunan PPh (Pajak Penghasilan) kepada KPP Balikpapan dengan alasan masih rendahnya tingkat kepatuhan wajib pajak di kota Balikpapan dalam menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan). Metode yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dengan tahap dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisa data menggunakan teori dari Miles dan Huberman model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perlunya reformasi perpajakan yang diterapkan secepatnya dapat menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan). Saran yang diberikan adalah (1) Perlu mengubah citra pemeriksaan pajak yang selama ini kurang menggembirakan menjadi sesuatu yang memberikan nilai tambah kepada Wajib Pajak, (2) Menjadikan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Balikpapan sebagai lembaga sertifikasi dalam bidang perpajakan sekaligus memberikan pelayanan prima kepada Wajib Pajak. (3) Adanya penegakan hukum ( law enforcement ) yaitu dengan adanya sanksi berupa denda yang sangat tinggi diharapkan wajib pajak akan lebih patuh dan (4) Adanya modernisasi administrasi perpajakan diharapkan mampu meningkatkan tingkat kepuasan dan kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/186/050801611
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jul 2008 10:53
Last Modified: 22 Oct 2021 09:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113584
[thumbnail of 050801611.pdf]
Preview
Text
050801611.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item