Implementasi Kebijakan Pendidikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) bagi Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Tentang Implementasi Kebijakan Pendidikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang I (MTsN Malang I)

NinaDwiYuniSusanti, (2008) Implementasi Kebijakan Pendidikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) bagi Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Tentang Implementasi Kebijakan Pendidikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang I (MTsN Malang I). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tantangan serta tuntutan zaman yang semakin keras mendorong pemerintah pusat untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui pembangunan di bidang pendidikan. Bersamaan dengan semakin meningkatnya persaingan global yang menuntut kualitas SDM yang tinggi, kemuraman wajah dunia pendidikan Indonesia sebagai garda terdepan pengembangan SDM tidak kunjung berakhir. Dari tahun ke tahun pendidikan di Indonesia banyak kelemahan. Hal ini mendorong digulirkannya kebijakan pendidikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang kemudian dipandang sebagi jawaban atas tuntutan peningkatan mutu pendidikan nasional serta memenuhi tantangan persaingan global. Berangkat dari hal tersebut maka penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan menganalisis kondisi obyektif implementasi kebijakan pendidikan MBS bagi peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan serta menganalisis kondisi yang ada dilapangan mengenai implementasi kebijakan pendidikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) tersebut. Proses implementasi kebijakan seringkali tidak terlepas dari adanya hambatan yang menyebabkan kebijakan tidak dapat terimplementasi secara sempurna. Analisis mengenai implementasi kebijakan pendidikan MBS memegang peran penting dalam mengidentifikasikan aspek-aspek social, politik, ekonomi, bahkan budaya yang ada dilapangan. Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang I (MTsN) Malang I merupakan lembaga pendidikan yang sejak tahun ajaran 2004-2005 telah mengimplementasikan kebijakan pendidikan MBS pada sistem pembelajarannya serta bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dengan MBS sekolah berupaya megoptimalkan kinerja organisasi sekolah, proses belajar-mengajar, pengelolaan sumber daya manusia, dan pengelolaan sumber daya dan administrasi. Implementasi MBS di MTsN Malang I dapat dikatakan berjalan cukup baik karena ditunjang dengan berbagai sumber daya yang dibutuhkan seperti sumber daya guru dan karyawan, siswa, fasilitas, serta sumber dana yang memadai. Namun memang dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi termasuk didalamnya faktor penghambat dan pendukung. Permasalahan yang kemudian muncul adalah bagaimana proses implementasi kebijakan pendidikan MBS hingga bisa dilaksanakan di MTsN Malang I mengingat dalam studi implementasi terdapat tindakan dari instansi terkait . kemudian bagaimana peran serta wali murid dalam mendukung implementasi kebijakan pendidikan MBS, selain itu juga terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi termasuk didalmnya factor penghambat dan faktor pendukung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dari semua pertanyaan dalam perumusan masalah yang ada, sehingga dapat bermanfaat bagi penulis sendiri, pihak sekolah maupun instansi dan pihak terkait lainnya. Dalam skripsi ini juga dilengkapi dengan kajian teori yang relevan dengan penelitian ini sebagai pijakan untuk analisis data. Adapun metode analisa data yang dipergunakan adalah metode kualitatif yang mengedepankan penjabaran secara deskriptif dat-data yang diperoleh. Focus penelitian ini tidak lepas dari permasalahan yang telah ditentukan agar mudah bagi penulis untuk mencari dan mengelompokkan data sekaligus menganalisanya. Kesimpulan mengenai implementasi kebijakan pendidikan MBS di MTsN Malang I menunjukkan bahwa kebijakan tersebut membawa dampak yang positif bagi peningkatan mutu pendidikan. Hal ini dilihat berdasarkan output pendidikan yang dihasilkan, yaitu prestasi siswa baik akademik maupun non akademik yang semakin meningkat serta tingginya prosentase siswa yang diterima di MA/SMU Negeri. Hal ini menunjukkan keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan. Berangkat dari kesimpulan peneliti memberikan beberapa rekomendasi yang pada intinya menyangkut dua hal, perlunya diadakan pelatihan atau dalam hal ini sosialisasi terhadap guru mengenai pemahaman terhadap model pembelajaran MBS, serta pengoptimalan kinerja organisasi sekolah di MTsN Malang I terkait dengan peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/165/050801475
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2008 08:59
Last Modified: 22 Oct 2021 09:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113562
[thumbnail of 050801475.pdf]
Preview
Text
050801475.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item