Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Jumlah Kunjungan Wisata : Studi Kasus Pada PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya - Batu.

PintaPambuditama (2008) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Jumlah Kunjungan Wisata : Studi Kasus Pada PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya - Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian ini jenis penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan empat variabel bebas Bauran Promosi yang terdiri dari Periklanan (X1), Promosi Penjualan (X2), Humas dan Publisitas (X3) serta Penjualan Personal (X4) dengan variabel terikat yaitu Jumlah Kunjungan Wisata dan Omset Penjualan (Y). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah biaya pelaksanaan kegiatan Bauran Promosi yang dilaksanakan oleh perusahaan dan jumlah kunjungan wisata yang berkunjung serta Omset penjualan selama kurun waktu 2003-2007. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga analisis data yaitu rata-rata pertumbuhan, Least Square Estimation dan Analisis Regresi Berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pertumbuhan biaya Bauran Promosi untuk periklanan (X1) sebesar 0,73%, promosi penjualan (X2) sebesar 2,43% ,humas dan publisitas (X3) sebesar 3,35% serta penjulan personal (X4) sebesar 0,97%. Sedangkan pertumbuhan jumlah kunjungan wisata sebesar 0,59% dan Omset penjualan sebesar 0,79%. Pengaruh variabel Bauran Promosi terhadap jumlah kunjungan wisata dapat dilihat dari persamaan Y = -9420,243 + 0,012 (X1) + 0,003 (X2) + 0,00 (X3) + 0,007 (X4) sedangkan pengaruh biaya Bauran Promosi terhadap Omset Penjualan dapat dilihat dari persamaan Y = - 145707382,860 + 248,587 (X1) + 59,421 (X2) + 203,194 (X3) + 184,597 (X4). Hasil perhitungan least square estimation menunjukan estimasi jumlah kunjungan wisata pada kuartal III tahun 2007 sebesar 52.477,06 orang dan pada kuartal I tahun 2008 sebesar 52.646,19 orang dan estimasi Omset Penjualan pada kuartal III tahun 2007 sebesar Rp 1.605.626.692 dan pada kuartal I tahun 2008 sebesar Rp 1.613.129.549. Hasil perhitungan berdasarkan analisis regresi berganda menunjukan estimasi jumlah kunjungan wisata pada kuartal III tahun 2007 sebesar 52.478 orang dan pada kuartal I tahun 2008 sebesar 52.651 orang dan estimasi Omset Penjualan pada kuartal III tahun 2007 sebesar Rp 1.605.654.309 dan pada kuartal I tahun 2008 sebesar Rp 1.613.137.088. Kesimpulan yang dapat di tarik dari penelitian ini adalah bahwa variabel bauran promosi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisata dan Omset penjualan, hal ini dapat di buktikan dengan koefisien regresi yang bernilai positif baik itu terhadap jumlah kunjungan wisata maupun terhadap Omset Penjualan. Hasil peramalan dengan metode least square estimation dan analisis regresi berganda untuk jumlah kunjungan wisata memiliki selisih sebanyak 1 orang untuk kuartal III tahun 2007 dan 5 orang untuk kuartal I tahun 2008, sedangkan untuk omset Penjulan memiliki selisih sebesar Rp. 27.617 untuk kuartal III tahun 2007 dan Rp. 7.539 untuk kuartal I tahun 2008. Jumlah selisih tersebut di dapatkan setelah biaya bauran promosi diturunkan sebesar 5,8 % dan 4,6 % untuk periklanan pada kuartal III tahun 2007 dan Kuartal I tahun 2008, sebesar 7% untuk promosi penjualan baik pada kuartal III tahun 2007 maupun kuartal I tahun 2008, sebesar 8,77% dan 7,33% untuk humas dan publisitas pada kuartal III tahun 2007 dan kuartal I tahun 2008, sebesar 7,1 % untuk penjualan personal baik pada kuartal III tahun 2007 maupun kuartal I tahun 2008. Dengan perhitungan di atas dapat di katakan bahwa alokasi biaya Bauran Promosi sebelumnya terlalu besar sehingga perlu di turnkan untuk mendapatkan hasil yang efektif apabila di bandingkan dengan jumlah kunjungan wisata dan omset penjualan perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/163/050801473
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Jul 2008 08:54
Last Modified: 22 Oct 2021 08:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113561
[thumbnail of 050801473.pdf]
Preview
Text
050801473.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item