Evaluasi Terhadap Sistem Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan sebagai Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil : studi Kasus Pada Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya Wilayah Kerja Propinsi Jawa Timur

SulistyoDwiArini (2008) Evaluasi Terhadap Sistem Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan sebagai Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil : studi Kasus Pada Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya Wilayah Kerja Propinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul Evaluasi Terhadap Sistem Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Sebagai Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil, penelitian ini dilakukan dengan latar belakang keinginan penulis untuk mengetahui pelaksanaan sistem penilaian DP3 pada kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara. Apakah pelaksanaannya telah sesuai dengan prinsip dasar penilaian kinerja, Faktor-faktor yang mempengaruhi sistem penilaian kinerja pegawai, dan kelemahan yang terdapat pada sistem penilaian DP3. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui Pelaksanaan DP3 sebagai Penilaian Kinerja pegawai telah sesuai dengan prinsip dasar penilaian kinerja oleh pimpinan yang dilakukan setiap tahunnya, dengan tujuan untuk memperoleh bahanbahan pertimbangan yang obyektif dalam pembinaan Pegawai Negeri Sipil. Dan untuk mengetahui Saran penyempurnaan dari kelemahan sistem penilaian yang ada sekarang antara lain masalah rentang waktu penilaian, Pemanfaatan DP3, Obyektivitas, unsur-unsur yang dinilai, sehingga kompetensi Pegawai Negeri Sipil diharapkan dapat lebih meningkat lagi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mencari, mendapatkan, mengumpulkan sejumlah data yang menggambarkan fakta-fakta yang jelas tentang Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan. Dan keadaan yang ada pada kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara selaku instansi pemerintah yang juga melaksanakan penilaian DP3, serta tanggapan kantor ini selaku pemberi nota pertimbangan dan mengesahkan DP3 tentang kelemahan yang terdapat pada sistem penilaian DP3. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan penilaian DP3 pada kantor Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara, belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip dasar penilaian kinerja pegawai dan faktor yang mempengaruhi sistem penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil (DP3). Masih ada ketidaksesuaian dalam proses penilaian dan pengisian DP3 pada prakteknya di lapangan, yang dipengaruhi oleh sifat dan karakter pimpinan sebagai penilai pada setiap bagian yang berbeda-beda. Dalam penilaian DP3 juga masih dijumpai beberapa kelemahan pada prakteknya antara lain masalah rentang waktu, pemanfaatan DP3, obyektifitas dan unsur-unsur yang dinilai yang sebagian pegawai merasa dirugikan atas kelemahan tersebut, karena dapat mempengaruhi nilai DP3 yang diterimanya yang tidak mencerminkan kinerjanya sehari-hari. Masalah pada kelemahan DP3 tersebut memang harus tindak lanjuti untuk diperbaiki, sehingga penilaian DP3 kedepanya akan menghasilkan hasil penilaian yang valid dan hasilhasil penilaian dapat diandalkan bagi pengembangan pegawai dan pengembangan organisasi. Maka perlu adanya upaya dari pihak pemerintah (dalam hal ini Badan Kepegawaian Negara), untuk melakukan evaluasi kembali atas pelaksanaan sistem penilaian prestasi kerja pegawai yang sekarang berlaku dan melakukan penyempurnaan atas sistem penilaian DP3 tersebut secara tepat dan akurat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/159/050801440
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2008 14:25
Last Modified: 11 Jul 2008 14:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113557
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item