Komunikasi Pemasaran Terpadu Sebagai Strategi dalam Mempertahankan Citra Merek : Studi pada Produk-produk yang Didistribusikan oleh PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Cabang Malang.

RianJulizarIlhamzah (2008) Komunikasi Pemasaran Terpadu Sebagai Strategi dalam Mempertahankan Citra Merek : Studi pada Produk-produk yang Didistribusikan oleh PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi memacu setiap perusahaan untuk bersaing dalam memperebutkan pasar. Persaingan tersebutlah yang membuat setiap perusahaan berinovasi dalam menerapkan strategi pemasarannya, misalnya dengan menggunakan strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang diterapkan di perusahaan besar seperti PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung, faktor penghambat serta peranan strategi tersebut dalam mempertahankan citra merek atas produk-produk yang didistribusikan oleh perusahaan. Jenis penelitiannya adalah deskriptif. Obyek penelitiannya berupa strategi komunikasi pemasaran terpadu serta faktor pendukung dan penghambat untuk mempertahankan citra merek. Lokasi penelitian berada di PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Cabang Malang. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan pedoman wawancara, obervasi dan dokumentasi. Analisis datanya meliputi analisis deskriptif dan analisis SOSTAC ( Situation, Objective, Strategy, Tactics, dan Control ). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Cabang Malang sudah menerapkan strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication) . Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan strategi tersebut yakni kelancaran proses penyaluran barang, sarana gedung dan parkir yang memadai, karyawan yang solid serta pengenaan diskon pada beberapa item produk sedangkan faktor yang menghambat, antara lain : terbatasnya persediaan beberapa produk yang diinginkan para konsumen, fasilitas komputer dan kamera pengawas yang kurang memadai, lemahnya strategi promosi penjualan sebab waktu penyelenggaraan even yang sempit dan kejelasan posisi untuk bagian public relation . Kombinasi dari setiap bagian strategi komunikasi pemasaran terpadu memberikan peranan yang penting terhadap citra merek dan harga yang tertuang dalam produk mulai kategori fashion sampai dengan supermarket yang ada di PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Cabang Malang sehingga tersampaikan secara konkret di benak konsumen. Penilaian dari para konsumen mengenai strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (KPT) yang diterapkan serta kebutuhan akan produk yang diinginkan ditandai dalam bentuk omset penjualan. Tolok ukur keberhasilan IMC ditinjau dari kinerja manajemen PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Cabang Malang itu sendiri. Peristiwa ini merupakan efek yang baik bagi pemasukan perusahaan ke depannya. Saran yang dapat diberikan yaitu pengoptimalan penerapan strategi IMC, antara lain melalui pemanfaatan fasilitas online dan delivery order , mengadakan training dan pemberian bonus khusus bagi karyawan, penambahan souvenir dan pembuatan membercard , menjadi sponsorship , dan mengklasifikasikan produk dari merek-merek yang berbeda. Selain itu, mengevaluasi masing-masing tahapan keputusan perusahaan yang berkenaan dengan pembentukan citra merek (brand image) .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/151/050801377
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jul 2008 14:28
Last Modified: 22 Oct 2021 07:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113549
[thumbnail of 050801377.pdf]
Preview
Text
050801377.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item