MijilDewiMayangsari (2008) Implementasi ISO dalam Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Bersistem Drive Thru : Studi Di Kantor Bersama Samsat Manyar Surabaya Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam era otonomi daerah pelayanan publik adalah masalah yang harus selalu diperhatikan sejak digulirnya kebijakan desentralisasi, maka pemerintah daerah dengan organisasi publik pemberi pelayanan berkewajiban untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Pelayanan yang sering dikeluhkan oleh masyarakat dalam kurun waktu tertentu akan membentuk sebuah kesatuan kerja pada kinerja yang buruk. Kinerja yang buruk tentu saja tidak mengguntungkan, karena kinerja yang buruk akan mengurangi bahkan mungkin menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap organisasi pemberi pelayanan publik. Imej organisasi publik pemberi pelayanan publik secara otomatis juga kan mempengaruhi imej pemerintah dan kepercayaan kepadanya. Tiadanya kepercayaan akan membuat sulit menggembangkan birokrasi politik yang sehat, efisien, dan tahan lama karena tidak ada kekuatan yang saling menghubungkan menyangganya. Dewasa ini, salah satu metode yang banyak digunakan oleh organisasi bisnis dalam meningkatkan mutu dan produktifitasnya adalah dengan menerapkan standart intern ISO 9000. salah satu seri terbaru adalah ISO 9001:2000 yang menetapkan persyaratan untuk desain dalam penilaian Sistem manajemen Mutu yang bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk (barang dan /atau jasa) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Salah satu organisasi publik yang telah menerapkan ISO 9001:2000 adalah KB Samsat Manyar Surabaya Timur termasuk di dalamnya kegiatannya dalam memproses pembayaran Pajak Kendaraan bermotor dengan Sistem Drive Thru. Masalahnya adalah bagaimana Kantor Bersama SAMSAT melayani public dalam pendaftaran ulang, pembayaran pajak lendaraan bermotor serta Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) dengan system Drive Thru. Data yang di dapat adalah tentang bagaimana awal mula pengurusan tersebut terus dilakukan mulai dari pendaftaran, kemudian pengurusan serta pembayaran. Dengan segala bentuk pengesahan sampai dengan proses administrasi dan pengarsipan. Oleh karena itu studi ini untuk mengetahui bagaimana proses Sistem Drive Thru dalam pendaftaran ulang kendaraan bermotor, pembayaran PKB serta pembayaran SWDKLLJ dalam pelayanan public yang berkaitan dengan kepuasan publik yaitu masyarakat yang meminta dan atau menerima pelayanan penting untuk dilakukan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses atau mekanisme system Drive Thru dalam pelayanan public di Samsat Manyar Surabaya Timur. Pemilihan ini juga diharapakan agar tejadinya peningkatan pada mutu layanan pada KB Samsat, yaitu dengan adanya peningkatan pada kecepatan layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara tidak berstruktur, observasidan penggunaan dokumen-dokumen yang terkait.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/148/050801278 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 02 May 2008 15:28 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113545 |
Preview |
Text
050801278.pdf Download (8MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |