”Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan” :Survai pada Pelanggan Di Hotel Sorga-Cottages Kuta Bali.

WahyuDiyanto (2008) ”Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan” :Survai pada Pelanggan Di Hotel Sorga-Cottages Kuta Bali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat pelayanan, proses, partisipan/orang, dan fasilitas fisik secara bersama-sama terhadap tingkat kepuasan pelanggan serta mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat pelayanan, proses, partisipan/orang, dan fasilitas fisik secara parsial terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dimana peneliti menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa, sedangkan sampel yang digunakan adalah sebesar 100 orang pelanggan pengguna jasa kamar yang menginap di Hotel Sorga Cottages Bali. Teknik pengambilan sampel dengan metode pengambilan sampel Purposive Sampling. Peneliti menentukan sampel yang diambil adalah dari individu dan dipandang individu tersebut cocok digunakan sebagai sumber data dan dilakukan selama 1 (satu ) bulan. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda didapatkan hasil diperoleh nilai R adjust square (R2) sebesar 0,914 hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas (X1, X2, X3, X4, X5, X6 dan X7) secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap variabel terikat Y (Tingkat Kepuasan Pelanggan) sebesar 91,4% dan nilai sisanya sebesar 8,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini, seperti perilaku konsumen maupun dari sisi kualitas pelayanan. Dari hasil uji F terbukti bahwa variabel Produk, Harga, Promosi, Tempat Pelayanan, Proses, Orang, dan Fasilitas Fisik secara simultan/bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan (bermakna) terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Y). Hasil analisis secara parsial menunjukkan variabel Produk (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan dibandingkan dengan pengaruh variabel bebas lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/145/050801275
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 May 2008 08:41
Last Modified: 22 Oct 2021 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113542
[thumbnail of 050801275.pdf]
Preview
Text
050801275.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item