YetaZurviana (2007) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian : Studi pada pelanggan produk merek”Kecap Bango” di Perumahan Bumi Asri Sengkaling Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sejalan dengan adanya persaingan di dunia usaha, semua perusahaan baik perusahaan jasa maupun manufaktur dituntut untuk selalu mengantisipasi adanya persaingan, salah satunya adalah strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan keputusan pembelian. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh secara bersama-sama, mengetahui pengaruh secara parsial, dan mengetahui pengaruh yang paling dominan antara bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Penelitian ini dilakukan terhadap 80 orang pelanggan produk merek ”Kecap Bango” Di Perumahan Bumi Asri Sengkaling Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi, analisis reliabilitas, dan regresi. Hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa variabel-variabel bebas dalam Bauran Pemasaran yang terdiri dari variabel Produk (X1), variabel Harga (X2), variabel Distribusi (X3), dan variabel Promosi (X4) mempunyai hubungan dan pengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu variabel Keputusan Pembelian (Y) dengan variabel Produk (X1) yang mempunyai pengaruh paling dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas Bauran Pemasaran (X) mempunyai hubungan dan pengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu variabel Keputusan Pembelian (Y) secara bersama-sama maupun secara parsial. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan variabel yang paling berpengaruh yaitu variabel Produk (X1) yang memiliki koefisien regresi sebesar 0,663 dengan tingkat signifikansi 0,05. Nilai koefisien determinasi yang disesuaikan menunjukkan nilai sebesar 0,940 yang menunjukkan bahwa 94 % variabel bebas Bauran Pemasaran (X) yang digunakan mempengaruhi variabel terikat yaitu variabel Keputusan Pembelian (Y), sedangkan sisanya 6 % dipengaruhi oleh variabel lain, selain variabel yang digunakan dalam penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa kenaikan Bauran Pemasaran mempengaruhi kenaikan Keputusan Pembelian. Untuk itu peningkatan Bauran Pemasaran dan juga pertimbangan aspek lainnya perlu ditingkatkan agar keputusan pembelian pelanggan semakin meningkat untuk dapat mencapai tujuan perusahaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/142/050801218 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Apr 2008 15:05 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113539 |
Preview |
Text
050801218.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |