Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Tipe 36 : Survei Pada Konsumen Rumah Perumahan Cerme Indah Gresik.

RisaFerinaListyarini (2008) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Tipe 36 : Survei Pada Konsumen Rumah Perumahan Cerme Indah Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang meningkat, kebutuhan akan perumahan meningkat pula. Fenomena lain saat ini adalah semakin beragamnya produk dan tipe perumahan yang ditawarkan oleh perusahaan pengembang. Sementara itu, konsumen ingin memperoleh perumahan yang lebih bermutu sehingga menyebabkan persaingan dalam industri property semakin ketat. Untuk bisa memenangkan persaingan dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat dimana salah satunya adalah strategi bauran pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian rumah baik secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui variabel bauran pemasaran manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian rumah. Pada penelitian ini variabel-variabel yang dianalisis meliputi Produk, Harga, Saluran distribusi dan Promosi yang merupakan variabel dasar bauran pemasaran sebagai variabel bebas (independent variable) dan keputusan pembelian rumah oleh konsumen sebagai variabel terikat (dependent variable). Populasi yang diteliti adalah keseluruhan pembeli rumah tipe 36 Perumahan Cerme Indah Gresik. Penelitian dilakukan di Perumahan Cerme Indah Gresik dengan sampel sebanyak 87 orang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik proporsional sampling dengan berdasarkan pada kriteria yang telah ditentukan yaitu pembeli rumah tipe 36 Perumahan Cerme Indah Gresik. Metode pengumpulan data dengan kuisioner dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, korelasi, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) bauran pemasaran yang terdiri atas produk (X1), harga (X2), saluran distribusi (X3), dan promosi (X4) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian rumah (Y) para konsumen di Perumahan Cerme Indah Gresik. Dari hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa hanya variabel harga (X2), saluran distribusi (X3), dan promosi (X4) yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rumah para konsumen di Perumahan Cerme Indah Gresik tersebut. Sedangkan faktor produk (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rumah mereka. Dari hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa salah satu dari faktor bauran pemasaran yang mempunyai pengaruh paling besar (dominan) terhadap keputusan pembelian rumah, yaitu faktor harga. Hal ini didukung oleh besarnya pengaruh langsung dari faktor harga (X2) tersebut terhadap peningkatan keputusan pembelian rumah dengan kontribusi sebesar 28.42% dengan koefisien beta sebesar 0.388.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/139/050801215
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Apr 2008 15:37
Last Modified: 22 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113535
[thumbnail of 050801215.pdf]
Preview
Text
050801215.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item