DedetSaputro (2008) Pengaruh Periklanan terhadap tingkat hunian kamar : studi kasus pada Hotel Pelangi 1 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hotel Pelangi 1 Malang sebagai hotel berbintang dua menghadapi tantangan dalam kegiatan pemasarannya. Selera konsumen dalam pelayanan jasa yang makin berkembang dan banyaknya hotel saingan di kota Malang menuntut hotel untuk bersifat tanggap, dalam menghadapi situasi ini hotel dituntut untuk semakin jeli dan kreatif dalam melihat suatu peluang ataupun didalam menciptakan terobosanterobosan baru dibidang pemasaran guna mempertahankan konsumen yang telah setia ataupun guna mencari konsumen baru. Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan periklanan serta pengaruh periklanan terhadap tingkat hunian kamar pada Hotel Pelangi 1 Malang, dalam hal ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus dimana dapat diartikan sebagai metode penelitian untuk memperoleh gambaran mengenai situasi atau kejadian sehingga metode ini bermaksud untuk mengadakan akumulasi data, memberikan deskripsi atau gambaran terhadap suatu fenomena yang terjadi dan menghasilkan angka-angka dari perhitungan atau angka-angka dari perhitungan atau pengukuran untuk mendapatkan suatu kesimpulan dari suatu masalah, dalam penelitian ini terdapat dua konsep yaitu konsep periklanan dan konsep penjualan. Pada konsep periklanan terdapat dua variabel yaitu frekuensi penayangan iklan dan biaya iklan, sedangkan konsep penjualan memiliki variable volume penjualan dan omset penjualan. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata pertumbuhan, metode Least Square, dan Regresi linier berganda. Secara deskriptif pelaksanaan periklanan merupakan upaya yang harus diperhitungkan karena dalam dapat menentukan tinggi rendahnya tingkat hunian kamar hotel . Pelaksanaan periklanan tidak lepas dari penentuan frekuensi dan media periklanan yang digunakan, oleh karena itu hotel harus mampu mengefektifkan periklanan untuk dapat meningkatkan hunian kamar sehingga memperoleh keuntungan atau laba sesuai dengan yang diharapkan oleh Hotel Pelangi 1 Malang. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan SPSS didapatkan ratarata pertumbuhan biaya brosur sebesar 4,9 %, rata-rata pertumbuhan biaya radio sebesar 1,8 %, dan rata-rata pertumbuhan biaya kalender sebesar 3,3 %. Rata-rata pertumbuhan volume kamar yang di huni sebesar 5,67 % sedangkan rata-rata pertumbuhan Jumlah penerimaan atas kamar yang di huni sebesar 10,87 %. Dari analisis regresi berganda biaya periklanan pengaruhnya terhadap volume huniankamar adalah -1979,57, untuk biaya periklanan pengaruhnya terhadap Jumlah penerimaan atas kamar yang di huni adalah -994.893.793. Kebijakan yang perlu diambil oleh Hotel Pelangi 1 Malang adalah meningkatkan upaya-upaya periklanan dengan berinovasi melalui pemilihan media lain seperti surat kabar dan lain sebagainya, penyediaan ruang pertemuan serta mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan suatu acara, menetapkan kebijakan pemberian potongan dan memberikan kesempatan kerja yang adil dan layak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/131/050801147 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 16 Apr 2008 11:27 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113528 |
Preview |
Text
050801147.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |