Analisis Bauran Promosi terhadap Volume Penjualan : Studi pada PT. Indah Jaya Tour & Travel Malang.

SriWahyuniFebrianti (2008) Analisis Bauran Promosi terhadap Volume Penjualan : Studi pada PT. Indah Jaya Tour & Travel Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Indah Jaya Tour & Travel Malang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa. dalam usahanya meningkatkan penjualan yang direncanakan, bauran promosi merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh perusahaan. Bauran promosi yang digunakan meliputi Periklanan, Hubungan Masyarakat, Penjualan Pribadi (personal selling) dan Promosi Penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan, hubungan serta pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan volume penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dimana tujuannya adalah untuk membuat perencanaan secara sistematis dan akurat mengenai faktor-faktor yang ada atau kondisi suatu keadaan dan berusaha mencari jalan keluarnya. Fokus penelitian dalam analisis ini adalah periklanan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan dan volume penjualan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari hasil interview, dokumentasi dan observasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen, catatan serta data pendukung lainnya yang berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptf, korelasi dan regresi linier berganda. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan bauran promosi. Analisis korelasi digunakan untuk mengetahui hubungan bauran promosi terhadap penjualan. Sedangkan analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh dari bauran promosi terhadap volume penjualan. Setelah dilakukan analisis, bauran promosi yang dilakukan oleh PT. Indah Jaya Tour & Travel Malang berhubungan sangat erat terhadap penjualan dengan koefisien korelasi sebesar 0,809. Sedangkan melalui uji regresi berganda didapat bahwa periklanan (X1), penjualan pribadi (X2) dan promosi penjualan (X4) yang secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan. Sedangkan secara parsial didapatkan hasil bahwa promosi penjualan (X4) mempunyai koefisen regresi yang paling besar yaitu 0,673. Sehubungan dengan hal tersebut maka penulis menyarankan untuk memaksimalisasikan bauran promosi pada promosi penjualan (X4) karena dari hasil analisis yang didapat promosi penjualan merupakan variabel yang paling dominan. Dengan semakin tingginya kegiatan promosi khususnya lewat promosi penjualan, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/13/050800432
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Feb 2008 15:33
Last Modified: 22 Oct 2021 06:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113526
[thumbnail of 050800432.pdf]
Preview
Text
050800432.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item