WillyMayyaRiesca (2008) Peran Humas Dalam Menciptakan Opini Publik : Suatu Studi Pada Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan informasi di Indonesia saat ini, menyebabkan nuansa kebebasan dan keterbukaan mulai berkembang di kalang masyarakat. Adanya kebebasan dan keterbukaan ini, oleh masyarakat diikuti dengan berbagai tindakan dalam menyampaikan aspirasi terhadap pemerintah atas berbagai kebijakan yang diwujudkan dengan meningkatnya unjuk rasa, pernyataan sikap maupun pengaduan. Hal ini menunjukkan bentuk ketidakpercayaan kepada pemerintah manjadikan pemerintah perlu memberikan perhatian khusus dalam hal membina komunikasi dengan rakyat. Oleh karena itu kegiatan hubungan masyarakat (humas) menjadi sangat vital dalam usaha meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Agar masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan, diperlukan suatu komunikasi yang berjalan dua arah antara pemerintah dengan masyarakat. Humas sebagai suatu bagian dari pemerintah daerah yang bertugas sebagai penghubung antara pemerintah dengan masyarakat harus dapat memberikan informasi-informasi yang ada dengan tepat, akurat, terbuka, dapat dipercaya serta dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan visinya, sehingga masyarakat dapat mempercayai kinerja pemerintah daerahnya dan secara tidak langsung opini publik yang positif dapat terwujud. Untuk menjelaskan sejauh mana upaya peranan Humas dalam menciptakan opini publik, maka peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah peranan Humas dalam menciptakan opini publik yang meliputi program kerja Bagian Humas maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan Bagian Humas, Faktorfaktor yang medukung Bagian Humas dalam menciptakan opini publik, baik faktor pendukung Internal maupun faktor pendukung Eksternal, serta kendalakendala yang dihadapai dalam melaksanakan peranan humas dalam menciptakan opini publik, baik kendala Internal maupun kerndala Eksternal. Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa upaya yang dilakukan oleh Bagian Humas dalam peranannya menciptakan opini publik dengan menyusun program kerja, dari program kerja humas tersebut dapat diketahui bahwa Bagian Humas berperan bukan sekedar penyampai yang mengatasnamakan organisasi, tetapi juga sebagai mediator dan menciptakan opini publik serta memberikan pelayanan informasi kepada publik. Untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan Bagian Humas untuk menciptakan opini publik adalah dengan pembuatan pers realese, pembuatan dokumentasi dalam bentuk foto-foto maupun VCD. Sedangkan faktor pendukung Internal adalah pegawai Humas, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, Bagian Humas mengikutsertakan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/125/050801091 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 08 Apr 2008 15:21 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113521 |
Preview |
Text
050801091.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |