Pelayanan Administrasi Kependudukan di Tingkat Pemerintah Kecamatan : Studi Mengenai Pelayanan Publik pada Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

MeythaAyuWulandari (2008) Pelayanan Administrasi Kependudukan di Tingkat Pemerintah Kecamatan : Studi Mengenai Pelayanan Publik pada Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan banyaknya keluhan dari masyarakat mengenai pelayanan administrasi kependudukan yang dilaksanakan di Kecamatan. Pelayanan yang sering mendapatkan sorotan yaitu mengenai pelayanan pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KSK ( Kartu Susunan Keluarga). Tidak adanya kejelasan waktu dan biaya yang jelas, serta sistem dan prosedur yang cenderung berbelit-belit merupakan masalah yang sering timbul pada masyarakat. Hal ini tentunya tidak sesuai dengan konsep pelayanan publik dimana pemerintah hendaknya memberikan pelayanan yang prima pada masyarakat. Pelaksanaan pelayanan KTP dan KSK dalam pelayanan administrasi kependudukan dan faktor-faktor yang berpengaruh dalam pelayanan KTP dan KSK merupakan hal yang menjadi fokus daripada peneliti dalam melakukan penelitian administrasi kependudukan pada Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan KTP dan KSK kurang memenuhi beberapa prinsip pelayanan publik. Misalnya dalam hal kesederhanaan, kepastian waktu, kejelasan dan kelengkapan sarana dan prasarana. waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan KTP maupun KSK tidak pasti, bahkan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Begitu pula dengan biaya yang dikeluarkan pada saat pembuatan KTP maupun KSK, tidak terinci dengan jelas. Sikap pegawai pada saat melayani masyarakat telah memenuhi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Berdasarkan IKM tersebut dikatakan bahwa untuk memenuhi kepuasan masyarakat setidaknya petugas pelayanan harus bersikap ramah dan sopan. Sikap seperti ini telah dipenuhi oleh pegawai Seksi Pemerintahan Kecamatan Lowokwaru selaku pemberi layanan KTP dan KSK. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pelayanan KTP dan KSK di Kecamatan Lowokwaru antara lain : faktor manusia; faktor mesin; faktor metode; faktor material. Faktor yang mempunyai pengaruh cukup besar dalam pelayanan KTP dan KSK adalah faktor manusia. Kurangnya jumlah pegawai yang melayani merupakan salah satu penyebab terhambatnya proses pelayanan. Jumlah pegawai yang bertugas tidak sebanding dengan jumlah pelayanan yang dilakukan. Selain itu kurangnya jumlah unit komputer juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi proses pelayanan KTP dan KSK. Penjabaran kejadian di atas setidaknya memberikan gambaran kecil mengenai kondisi pelayanan publik di Indonesia. Fungsi pemerintah sebagai Servicing Function atau Fungsi Pelayanan belum dilakukan secara sepenuh hati. Perwujudan pelayanan publik satu pintu rupanya hanya sebagai suatu wacana yang hingga saat ini belum dapat diimplementasikan. Hal ini dikarenakan ketidaksiapan pemerintah di daerah untuk memberikan pelayanan publik melalui satu pintu. Sehingga masyarakat dihadapkan pada proses pelayanan yang cenderung tidak sederhana dan berbelit-belit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/123/050801089
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Apr 2008 15:37
Last Modified: 22 Oct 2021 06:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113520
[thumbnail of 050801089.pdf]
Preview
Text
050801089.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item