GatotBudiTrapsilo (2008) Pengaruh Pelaksanaan Periklanan dan Promosi Penjualan terhadap Volume Penjualan : Studi Kasus pada Peningkatan Omzet Penjualan pada Hotel Melasti Kuta Bungalows & Spa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah pengaruh peningkatan biaya periklanan dan promosi penjualan terhadap peningkatan volume penjualan. Inti dari subjek penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan usaha-usaha promosi penjualan dan periklanan yang dilakukan oleh management Melasti Hotel dalam meningkatkan volume penjualan (tingkat hunian tamu) dan pengaruh biaya yang dikeluarkan terhadap meningkatnya volume penjualan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya volume penjualan saat kondisi pariwisata bali secara keseluruhan telah lesu akibat kondisi eksternal (Bom Bali I, II, Virus SARS) merupakan hasil gencarnya promosi yang dilakukan oleh pihak management pemasaran. Penelitian yang dilaksanakan termasuk dalam jenis penelitian studi kasus yang memberikan gambaran secara cermat dan sistematis mengenai pengaruh promosi terhadap peningkatan penjualan, variable yang diteliti yaitu periklanan (Famplet, Internet) dan promosi penjualan (pameran) merupakan variabel bebas dan penjualan sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan untuk melakukan analisa adalah rata-rata pertumbuhan, estimasi kwadrat terkecil dan regresi linier berganda dengan menggunakan Paket Program SPSS for Windows Realease 10. Hasil yang diperoleh menurut analisis rata-rata pertumbuhan diketahui bahwa penjualan mengalami peningkatan sebesar 5,35% tiap semester. Sedangkan pertumbuhan famplet, internet dan pameran masing-masing mengalami peningkatan sebesar 13,35 % , 2,26 % dan 1,84 % setiap semesternya. Berdasarkan analisa penjualan berdasarkan Least Square Estimation dapat diprediksi bahwa penjualan semester ke-2 tahun 2007 diperkirakan sebesar Rp. 4.102.309.682,00 dibandingkan dengan Semester ke-1 di Tahun 2007 yaitu Rp 3.866.210.000,00. Hasil analisa korelasi dan regresi berganda dengan menggunakan program SPSS diketahui bahwa peningkatan biaya untuk periklanan dan promosi penjualan mempunyai hubungan langsung terhadap peningkatan penjualan dengan nilai Adjusted R Square mencapai 0.987. Dari Uji Anova (Uji F) dan Uji T yang dilakukan terhadap distribusi sample diperoleh kondisi bahwa peningkatan variabel bebas (famplet, internet dan pameran) yang ada berpengaruh erat pada peningkatan penjualan secara umum.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/114/050801034 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 08 Apr 2008 09:17 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 05:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113510 |
Preview |
Text
050801034.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |