Pengembangan Sektor Pariwisata Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Studi Pada Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kota Malang.

RadhenAnthonNV (2008) Pengembangan Sektor Pariwisata Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Studi Pada Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wilayah Indonesia yang luas dan terletak pada garis khatulistiwa yaitu pada posisi silang antara dua benua dan dua samudera serta kondisi alamnya yang memiliki berbagai keunggulan komparatif merupakan modal dasar dalam pembangunan nasional. Sebagai salah satu aspek pembangunan yang berkelanjutan, sektor pariwisata memegang peranan penting demi tercapainya tujuan pembangunan nasional. Kota Malang sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang melaksanakan otonomi daerah dengan mengembangkan sektor pariwisata sebagai penunjang peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Mengingat hal tersebut maka perlu dilakukan pengembangan di sektor pariwisata. Maka sebagai acuan, permasalahan yang diangkat peneliti adalah (1) Bagaimana strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kota Malang dalam pengembangan sektor pariwisata; (2) Bagaimana kontribusi yang diberikan sektor pariwisata dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang; (3) dan Faktor – faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pengembangan sektor pariwisata Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kota Malang dalam pengembangan sektor pariwisata; Kontribusi sektor pariwisata dalam meningkatkan PAD; dan menganalisis faktor- faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam upaya pengembangan sektor pariwisata Kota Malang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mempermudah peneliti dalam melaksanakan penelitian, dilakukan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan pemanfaatan data sekunder sebagai pendukung informasi. Data – data tersebut dianalisis secara deskriptif dan setelah data terkumpul dilakukan proses reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan pengembangan sektor pariwisata di Kota Malang belum sepenuhnya dilakukan secara optimal karena sarana dan prasarana belum memadai, dan penyelenggaraan promosi dan pemasaran yang belum optimal. Demikian pula dengan kondisi Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kota Malang yang memiliki kendala kekurangan dana, SDM yang belum professional dan bukan dari latar belakang pendidikan bidang pariwisata serta belum adanya koordinasi yang terpadu dengan Dinas/Instansi/Lembaga terkait serta minimnya fasilitas yang dimiliki oleh kantor dinas Parinkom tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/113/050801033
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Apr 2008 09:25
Last Modified: 22 Oct 2021 05:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113509
[thumbnail of 050801033.pdf]
Preview
Text
050801033.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item