Kinerja Pegawai Kecamatan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat : Studi Pelayanan KAK, KTP, dan KK Pada Kantor Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo.

WiwikHidayati (2008) Kinerja Pegawai Kecamatan Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat : Studi Pelayanan KAK, KTP, dan KK Pada Kantor Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja pegawai pemerintahan terutama pemerintahan kecamatan merupakan hal yang paling disoroti oleh masyarakat karena pemerintahan kecamatan memegang peranan penting dalam fungsi pelayanan. Tugas rutin pemerintahan kecamatan adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan yang sering dibutuhkan oleh masyarakat khususnya pelayanan Kartu Akte Kelahiran (KAK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan terus meningkat, masyarakat menginginkan prosedur pelayanan yang mudah, waktu penyelesaian yang cepat dan biaya yang murah. Oleh karena itu para pegawai pemerintahan yang dalam hal ini adalah pemerintahan kecamatan harus mampu memberikan pelayanan yang baik dan efektif guna memenuhi harapan masyarakat akan pelayanan yang memuaskan. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kinerja organisai dan kinerja individu pegawai kecamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, (2) Bagaimana kinerja proses pelayanan yang diberikan oleh pegawai kecamatan kepada masyarakat, (3) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung kinerja pegawai kecamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja organisasi dan kinerja individu pegawai, kinerja proses pelayanan yang diberikan oleh pegawai, serta faktor pemghambat dan faktor pendukung pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pelayanan Kartu Akte Kelahiran (KAK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK). Penelitian ini mengambil tiga fokus. Fokus pertama tentang kinerja organisasi dan kinerja individu pegawai kecamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang meliputi dua poin, poin pertama kinerja organisasi yang meliputi pelaksanaan tugas para pegawai dalam memberikan pelayanan dan hubungan kerjasama dalam pelaksanaan tugas. Poin kedua kinerja individu yang meliputi semangat kerja yang dimiliki pegawai dan kemampuan pegawai dalam menjalankan tugas. Fokus kedua tentang kinerja proses pelayanan yang diberikan oleh pegawai kecamatan kepada masyarakat yang meliputi prosedur pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, biaya pelayanan, dan sikap pegawai dalam memberikan pelayanan. fokus ketiga tentang faktor penghambat dan faktor pendukung kinerja pegawai kecamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang meliputi dua poin. Poin pertama faktor penghambat yang meliputi disiplin pegawai dan jumlah pegawai. Poin kedua faktor pendukung yang meliputi sarana dan prasarana pelayanan, dan masa kerja pegawai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mengambil lokasi penelitian di kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo dengan situs penelitian di kantor kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo, yang tepatnya di ruang kerja Camat, ruang kerja Sekretaris Camat, ruang kerja Kasie Pemerintahan, dan ruang tunggu khusus masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kinerja pegawai kecamatan Sumberasih dalam memberikan pelayanan Kartu Akte Kelahiran (KAK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK) kepada masyarakat dapat dikatakan baik. Perbaikan kinerja pegawai kecamatan Sumberasih ditandai dengan adanya prosedur pelayanan yang jelas, biaya pelayanan yang terjangkau oleh masyarakat kecil, waktu penyelesaian pelayanan yang semakin cepat berkat penggunaan tekhnologi komputer dibandingkan dengan pelayanan sebelumnya yang masih menggunakan mesin ketik manual, serta sikap pegawai kecamatan yang baik dan ramah dalam melayani masyarakat. Dalam penelitian ini penulis menyarankan tiga perbaikan yang perlu dilakukan oleh pegawai kecamatan Sumberasih yaitu sebaiknya pegawai kecamatan Sumberasih meningkatkan disiplin agar tidak menghambat pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, dikenakan sanksi yang tegas kepada pegawai yang tidak disiplin seperti pegawai yang tidak tepat waktu pada saat jam masuk kantor, serta melakukan penambahan jumlah pegawai karena pegawai kecamatan Sumberasih yang ada pada saat ini kurang memadai jika dibandingkan dengan tuntutan masyarakat yang semakin banyak dan mengingat banyaknya jumlah penduduk yang membutuhkan pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/102/050800918
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Mar 2008 09:25
Last Modified: 25 Mar 2008 09:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113498
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item