Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Kelas Utama : Studi pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kertosono Kabupaten Nganjuk.

SlametSugiono (2007) Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Kelas Utama : Studi pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kertosono Kabupaten Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah sakit sebagai bagian dari dunia usaha yang bergerak di bidang industri jasa, kepuasan konsumen/pasien adalah sesuatu yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Bahkan dalam perkembangannya saat ini teori kepuasan merupakan salah satu konsep yang penting dalam pemasaran. Untuk itu perlu adanya penelitian tentang "Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Kelas Utama" ( Survei Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kertosono Kabupaten Nganjuk). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pelayanan yang diberikan meliputi : a) Pelayanan Dokter Ruang, b) Pelayanan Kepala Ruang, c) Pelayanan Perawat, d) Pelayanan Pembantu Perawat, e) Pelayanan Petugas Administrasi, f) Pelayanan Juru Kebersihan terhadap kepuasan pasien di kelas utama pada Rumah Sakit Umum Daerah Kertosono Kabupaten Nganjuk. Manakah diantara pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Kertosono Kabupaten Nganjuk yang meliputi : a) Pelayanan Dokter Ruang, b) Pelayanan Kepala Ruang, c) Pelayanan Perawat, d) Pelayanan Pembantu Perawat, e) Pelayanan Petugas Administrasi, f) Pelayanan Juru Kebersihan yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pasien dikelas utama. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa Pelayanan Dokter Ruang (X1), Pelayanan Kepala Ruang (X2), Pelayanan Perawat (X3), Pelayanan Pembantu Perawat (X4), Pelayanan Petugas Administrasi (X5), dan Pelayanan Juru Kebersihan (X6) secara simultan mempunyai pengaruh signifikan (bermakna) terhadap kepuasan pasien (Y), yang ditunjukkan dengan keofisien regresi masing-masing variabel yaitu X1=0,162, X2=0,006, X3=0,222, X4=0,001, X5=0,185, X6=0,023, dan F hitung sebesar 694,414. Dari hasil uji t diketahui pula bahwa dari keseluruhan variabel bebas yang memberikan pengaruh paling dominan adalah variabel pelayanan perawat (X3) ditandai dengan keofisien regresi sebesar 0,222 dan nilai T-Hitung sebesar 10,595. Adapun saran dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Mengingat ruang Kelas Utama hanya terdiri dari 7 ruangan dan cenderung penuh, maka diperlukan adanya penambahan ruang Kelas Utama agar kepuasan pasien dapat terpenuhi, 2) Lebih meningkatkan pelayanan, karena kepuasan pasien tergantung pada kualitas pelayanan, 3) Menambah peralatan medis yang memadai sesuai kebutuhan di ruang kelas utama, 4) Meningkatkan kerjasama dengan Rumah Sakit yang lebih tinggi kelasnya dengan harapan agar pelayanan kepada pasien dapat ditingkatkan. 5) Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelayanan perawat lebih berpengaruh terhadap kepuasan pasien, maka dari itu pihak Rumah Sakit Umum Daerah Kertosono Kab. Nganjuk tetap memperhatikan dan mempertahankan pelayanan perawat serta terus meningkatkan pelayanan yang lainnya agar kepuasan pasien lebih terpenuhi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/301/050702733
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113421
[thumbnail of 050702733.pdf]
Preview
Text
050702733.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item