SeptiNaluritaEkatabahH (2007) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan : Studi pada Bandung Sport Distribution Outlet. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam usahanya meningkatkan penjualan yang direncanakan, bauran promosi merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh pihak perusahaan. Masalah utama yang diteliti dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana pengaruh variabel bauran promosi yaitu Periklanan (X 1 ), Promosi Penjualan (X 2 ), Hubungan Masyarakat (X 3 ), dan Penjualan Pribadi (X 4 ) terhadap Penjualan. Kedua variabel Bauran Promosi manakah yang berpengaruh dominan terhadap Penjualan (Y). Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Bauran Promosi terhadap Penjualan dan untuk mengetahui variabel yang pengaruhnya dominan terhadap Penjualan, pada Bandung Sport Distribution Outlet Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif , yang mengkaji hubungan dan pengaruh antara variabel Bauran Promosi yaitu Periklanan (X 1 ), Promosi Penjualan (X 2 ), Hubungan Masyarakat (X 3 ), dan Penjualan Pribadi (X 4 ) terhadap Penjualan (Y).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian data adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Berdasarkan hasil pengujian regresi linier berganda secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Bauran Promosi (X) terhadap variabel Penjualan (Y). Pengaruh ini ditunjukkan oleh nilai Probabilitas F hitung<0,05 dengan nilai adj R square 0,832 menunjukkan besarnya kontribusi (pengaruh) variabel bauran terhadap penjualan adalah sebesar 83,2%. Hubungan variabel bauran promosi terhadap penjualan sangat erat, karena koefisien korelasinya 0,923. Dengan demikian variabel bauran promosi mempunyai keeratan hubungan yang sangat tinggi terhadap penjualan. Sedangkan dari hasil pengujian regresi parsial menunjukkan bahwa variabel Bauran Promosi yaitu Periklanan (X 1 ), Hubungan Masyarakat (X 3 ), dan Penjualan Pribadi (X 4 ), mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Penjualan (Y), ditunjukkan oleh koefisien regresi X 1 sebesar 6,386, dengan t hitung 2,940 dan probabilitas 0,006, X 3 dengan koefisien regresi sebesar 1,776, t hitung sebesar 2.238 dan probabilitas 0,033, dan X 4 dengan koefisien regresi sebesar 8,765, t hitung sebesar 4,064 dan probabilitas 0,000. Dan dari hasil pengujian regresi parsial menunjukkan bahwa variabel Bauran Promosi yaitu Promosi Penjualan (X 2 ) mempunyai pengaruh yang tidak signifikan secara parsial terhadap Penjualan (Y), dikarenakan X 2 dengan probabilitas 0,125 (P>0,05), Nilai Adjusted R Square sebesar 0,832 artinya variabel bebas yaitu Bauran Promosi mempunyai sumbangan terhadap variabel terikat yaitu Penjualan sebesar 83,2 %. Selanjutnya dari hasil pengujian secara parsial diketahui bahwa variabel Penjualan Pribadi (X 4 ) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Penjualan, karena mempunyai t hitung paling besar yaitu 4,064.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2007/297/050702729 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 02 Nov 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113416 |
Preview |
Text
050702729.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |