Penetapan Segmenting, Targeting dan Positioning (STP) Sebagai Dasar Strategi Pemasaran Dalam Rangka Mencapai Keunggulan Kompetitif :Kajian pada PT. Gatra Mapan Singosari Malang.

FitronFauzi (2007) Penetapan Segmenting, Targeting dan Positioning (STP) Sebagai Dasar Strategi Pemasaran Dalam Rangka Mencapai Keunggulan Kompetitif :Kajian pada PT. Gatra Mapan Singosari Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kehidupan modern dewasa ini berubah dengan begitu pesat. Semua aspek kehidupan berjalan terus seiring dengan perubahan jaman yang terus berkembang. Hal ini berdampak pada semakin kompetitifnya persaingan di antara perusahaan-perusahaan bisnis, tak terkecuali bisnis industri furniture . PT. Gatra Mapan sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri furniture tentunya ikut serta dalam persaingan ini. Dengan semakin kompetitifnya persaingan bisnis furniture , tentunya mengharuskan PT. Gatra Mapan untuk merancang strategi pemasaran yang tepat dalam rangka meraih keunggulan kompetitif. Menetapkan segmenting, targeting dan positioning (STP) yang tepat sebagai salah satu solusi dalam memenangkan persaingan ini. Perumusan masalah penelitian ini adalah "Bagaimanakah penetapan segmenting , targeting dan positioning (STP) pada PT. Gatra Mapan Malang dan bagaimanakah keunggulan kompetitif yang dicapai oleh PT. Gatra Mapan Malang?" Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penetapan segmenting , targeting dan positioning pada PT. Gatra Mapan Malang dan mengetahui keunggulan kompetitif yang telah dicapai oleh PT. Gatra Mapan Malang. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dikarenakan membuat gambaran secara sistematis dan akurat mengenai fakta, sifat serta hubungan antara fenomena yang diamati. Jadi, tujuan penelitian ini untuk membuat deskripsi atau gambaran tentang penetapan segmenting , targeting , dan positioning , serta keunggulan kompetitif perusahaan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan datanya memakai metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan penetapan segmenting , targeting dan positioning (STP) yang dilakukan perusahaan diketahui bahwa PT. Gatra Mapan Singosari Malang telah menetapkan : segmenting , yakni segmentasi geografis berupa pasar lokal dan ekspor dan segmentasi demografis berupa variabel usia dan tahap siklus hidup, pendapatan, pekerjaan, dan pendidikan; melakukan targeting , yakni segmentasi geografis berupa kota-kota besar di Indonesia untuk pasar lokal dan 60 negara untuk pasar ekspor, segmentasi demografisnya adalah konsumen dewasa dan orang tua (keluarga) dengan penghasilan Rp.1.000.000/bulan ke atas untuk semua jenis profesi dengan pendidikan minimal SMA; positioning perusahaan "produk bisa ditempatkan di segala ruangan". (2) Berdasarkan analisis sumber keunggulan kompetitif diketahui keunggulan perusahaan terdapat pada kualitas produk, variasi produk, inovasi produk dan respon pelanggan. Sedangkan berdasarkan analisis dasar keunggulan kompetitif diketahui keunggulan perusahaan terdapat pada segi diferensiasi produk dan segi fokus daerah pemasaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/294/050702726
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 02:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113413
[thumbnail of 050702726.pdf]
Preview
Text
050702726.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item