TifaniAdillaS (2007) Pengaruh Promosi Hadiah Langsung dalam Kemasan terhadap Keputusan Pembelian : Survey pada konsumen produk “beng-beng” di kalangan Siswa/i SMUN 06 Malang Periode Penelitian Bulan Februari-Mei Tahun Ajaran 2006/2007. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hadiah merupakan salah satu alat yang digunakan dalam promosi penjualan. Di dalam hadiah terdapat kemenangan langsung ( instant win ). Keunggulan besar promosi instant win dibandingkan dengan undian gratis ialah bahwa konsumen tahu apakah mereka telah memenangkan hadiah segera setelah mereka membuka kemasannya. PT. Mayora Indah sebagai salah satu produsen makanan ringan seperti wafer “beng-beng” telah melaksanakan program promosi penjualan produk yaitu dengan memberikan hadiah menarik bagi konsumennya, caranya dengan menemukan gambar informasi hadiah yang terdapat didalam kemasannya. Konsumen dapat langsung mengetahui apakah mendapatkan hadiah atau tidak setelah membuka kemasan. Konsumen lebih tertarik karena hadiah yang diberikan bervariasi dan merupakan hadiah yang diminati dan sesuai dengan usia konsumen yang selanjutnya diharapkan dapat mempengaruhi konsumen dalam proses keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hadiah langsung dalam kemasan terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui variabel hadiah langsung dalam kemasan yang paling dominan pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori. Konsep yang digunakan adalah hadiah langsung dalam kemasan, Variabel bebas yang digunakan adalah Jenis Hadiah (X 1 ), Kegunaan hadiah (X 2 ), Harga Promosi (X 3 ), Prosedur Mendapatkan Hadiah (X 4 ) dan Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel terikatnya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 responden dari 486 siswa yang pernah membeli dan mengkonsumsi wafer “beng-beng” berlabelkan big prize hadiah langsung. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling . Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah kuesioner, pedoman wawancara serta pedoman dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis regresi parsial. Dari analisis regresi menunjukkan bahwa variabel-variabel hadiah langsung dalam kemasan yaitu variabel Jenis Hadiah, Kegunaan hadiah, Harga Promosi, Prosedur Mendapatkan Hadiah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian. Hasil analisis juga dapat dijelaskan bahwa besarnya kontribusi variabel Jenis Hadiah, Kegunaan Hadiah, Harga Promosi dan Prosedur Mendapatkan Hadiah, ditunjukkan dari nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,746. Hal ini berarti bahwa kemampuan variabel-variabel Hadiah Langsung dalam Kemasan secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap tingkat Keputusan Pembelian adalah sebesar 74,6% sedangkan sisanya sebesar 25,4% dipengaruhi variabel lain. Variabel Jenis Hadiah (X 1 ) merupakan variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi (b 1 ) sebesar 0,396, nilai t hitung sebesar 3,068 dan probabilitasnya sebesar 0, 000 (p<0,05). Dari analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa variabel Jenis Hadiah, Kegunaan Hadiah, Harga Promosi dan Prosedur Mendapatkan Hadiah mempunyai pengaruh positif dan signifikan. Sedangkan variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian adalah variabel Jenis Hadiah. Hal ini menunjukkan bahwa jenis hadiah menjadi faktor yang paling penting dalam program promosi hadiah langsung dalam kemasan. Dengan demikian pemasar harus lebih terpacu untuk membuat program promosi yang lebih kreatif dan inovatif serta tidak mengesampingkan keinginan konsumen. Promosi penjualan yang dilakukan hendaknya dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli produk, sehubungan dengan variabel jenis hadiah yang terbukti sebagai variabel yang dominan dari hadiah langsung dalam kemasan, maka sebaiknya para pemasar membuat ide yang lebih kreatif tentang jenis hadiah yang diberikan pada konsumen agar hadiahnya sesuai dengan siapa target konsumennya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2007/280/050702508 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 26 Oct 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113401 |
Preview |
Text
050702508.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |