Pengaruh kualitas pelayanan koperasi terhadap kepuasan anggota : studi pada anggota KPRI "MUKTI" Kantor Cabang Dinas Pendidikan Nasional Kecamatan Bungkal Ponorogo

DhianCitraYudhasmara (2007) Pengaruh kualitas pelayanan koperasi terhadap kepuasan anggota : studi pada anggota KPRI "MUKTI" Kantor Cabang Dinas Pendidikan Nasional Kecamatan Bungkal Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Koperasi Pegawai Republik Indonesia "MUKTI" Ponorogo didirikan pada tanggal 30 Desember 1995. Penelitian dan judul Pengaruh Kualitas Pelayanan Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota pada KPRI "MUKTI" Kantor Cabang Dinas Pendidikan Nasional kecamatan Bungkal Ponorogo dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya jenis koperasi di Indonesia yang menuntut koperasi untuk mengembangkan dan membina daya usaha rakyat untuk meningkatkan produksi demi mewujudkan terciptanya kelangsungan perkembangan demokrasi ekonomi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan koperasi terhadap kepuasan anggota. Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh koperasi maka semakin tinggi tingkat kepuasan anggota terhadap koperasi. Kualitas pelayanan koperasi meliputi Kualitas Pelayanan Kelembagaan dan Kualitas Pelayanan Unit Usaha untuk mencapai Kepuasan Anggota. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory (penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan pada kajian teori dalam penelitian ini terdapat konsep kualitas pelayanan koperasi yang terdiri dari Kualitas Pelayanan Kelembagaan dan Kualitas Pelayanan Unit Usaha yang merupakan variabel bebas (independen variabel) dan Kepuasan Anggota yang merupakan variabel terikat (dependen variabel). Dengan mempertimbangkan keakuratan hasil penelitian maka dalam penelitian ini pengambilan sampel secara acak sederhana (Simple Random Sampling) penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Yamane. Skala yang digunakan adalah skala Likert. Analisis data yang digunakan data adalah Analisis Deskriptif, Analisis Korelasi Berganda, Analisis Linier Berganda dan Analisis Regresi Parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Kelembagaan (X1) dan Kualitas Pelayanan Unit Usaha (X2) berpengaruh terhadap Kepuasan Anggota (Y). Hasilnya menunjukkan adanya korelasi berganda (Multiple R) 0,773. Angka ini menunjukkan kuatnya hubungan antara seluruh variabel bebas dan variabel terikat. Angka tersebut berada dalam interval koefisien 0,060 – 0,799 yang berarti hubungan antara variabel bebas terikat adalah kuat. Kualitas Pelayanan Kelembagaan dan Kualitas Unit Usaha juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Anggota dengan ditunjukkan koefisien determinasi R 2 sebesar 0,588. Berdasarkan pengujian secara parsial sebuah variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap anggota jika hasil uji t memiliki nilai signifikan t < 0,05. Koefisien regresi pada Kualitas Pelayanan Kelembagaan (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Anggota. Koefisien regresi pada Kualitas Pelayanan Unit Usaha (X2) sebesar 0,384 dan Sig t 0,000 (Sig t < 0,05) menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Unit Usaha mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan anggota (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel Kualitas Pelayanan Kelembagaan dan variabel Kualitas Pelayanan Unit Usaha mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap Kepuasan Anggota. Jadi berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa ada pengaruh antara kualitas pelayanan koperasi terhadap kepuasan anggota. Mengacu pada hasil penelitian dimana Kualitas Pelayanan Kelembagaan dan Kualitas Unit Usaha sangat berpengaruh dalam meningkatkan Kepuasan Anggota. Hal ini dapat dijadikan konsep bagi koperasi untuk meningkatkan kinerja koperasi sehingga tercapai tujuan yang telah ditetapkan serta dapat menjadikan koperasi terus berkembang dan mengalami peningkatan jumlah anggota.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/278/050702506
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Oct 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113398
[thumbnail of 050702506.pdf]
Preview
Text
050702506.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item