Relationship Marketing Sebagai Suatu Upaya Meningkatkan Pelanggan : Studi Pada PT. Praktis Tour & Travel Malang.

SeptiaDarwantyA (2007) Relationship Marketing Sebagai Suatu Upaya Meningkatkan Pelanggan : Studi Pada PT. Praktis Tour & Travel Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Praktis Tour & Travel Malang merupakan salah satu perusahaan jasa yang memberikan layanan paket tour dan travel di dalam negeri maupun luar negeri, serta layanan jasa lainnya yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggannya. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan menggunakan penerapan relationship marketing untuk meningkatkan pelanggan yaitu dengan menghargai arti pertumbuhan keuntungan jangka panjang yang diperoleh dari membangun suatu hubungan yang kuat dengan pelanggannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan relationship marketing sebagai upaya meningkatkan pelanggan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan obyek penelitian yaitu kegiatan relationship marketing yang meliputi segala aktivitas yang dilakukan perusahaan dan berorientasi pada pelanggan dalam jangka panjang, serta kebutuhan dan harapan pelanggan meliputi segala sesuatu yang diinginkan pelanggan dengan mendefinisikan memenuhi harapan mereka saat ini dan di masa datang. Penelitian ini berlokasi di PT. Praktis Tour & Travel Malang yang beralamat di jalan Simpang Soekarno-Hatta kav. 1F Malang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, pedoman pengamatan, alat dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, data penjualan dan perkembangan pelanggan, analisis rata-rata pertumbuhan dan analisis trend.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan perusahaan mengambil langkah kegiatan relationship marketing, akan menciptakan keuntungan jangka panjang yang diperoleh dari membangun sebuah hubungan yang mampu memberi pelayanan personal dari perusahaan kepada pelanggannya. Hal ini bisa dilihat dari data realisasi penjualan produk selama tiga tahun. Berdasarkan hasil analisis rata-rata pertumbuhan sebelum aplikasi relationship marketing hanya berkisar 3,3% dan setelah dilakukannya aplikasi relationship marketing berubah menjadi 12,9%. Pada hasil analisis trend juga menunjukkan bahwa untuk perkiraan pada tahun 2007 memproyeksikan jumlah pelanggan pada setiap cawunya mengalami kenaikan dimana perkiraan pada cawu satu sebesar 4.382 orang, kemudian menginjak pada cawu II sebanyak 4.793 orang, dan untuk cawu III perkiraan jumlah pelanggan akan terus meningkat yaitu sebanyak 5.204 orang. Dengan demikian keberhasilan perusahaan dengan menerapkan relationship marketing terbukti akan meningkatkan hasil penjualan dan jumlah pelanggan. Hal ini sangat bagus untuk kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang dan memotivasi perusahaan untuk tetap eksis di dunia persaingan yang semakin ketat.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan relationship marketing sebagai upaya perusahaan untuk meningkatkan jumlah pelanggannya sudah cukup baik, hal ini bisa dilihat dari data realisasi penjualan produk jasa dari tahun 2004 sampai tahun 2006 yang selalu mengalami peningkatan bahkan telah melebihi target yang ditetapkan. Dengan demikian, maka perusahaan sebaiknya mengadakan perbaikan kinerja, pelayanan, serta perbaikan fasilitas sesuai dengan keinginan pelanggan. Diharapkan juga perusahaan selalu memonitor perilaku pelanggan, demi memotivasi perusahaan untuk selalu mengetahui kebutuhan dan harapan pelanggannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/277/050702505
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Oct 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 01:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113397
[thumbnail of 050702505.pdf]
Preview
Text
050702505.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item