Pengaruh Atribut Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian : survei pada Mahasiswa Program Strata-1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2003/2004 dan 2004/2005 yang Mengko

OvanaAbdulHakim (2007) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian : survei pada Mahasiswa Program Strata-1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2003/2004 dan 2004/2005 yang Mengko. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Atribut yang melekat pada produk merupakan salah satu faktor penting didalam penentuan pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen, dimana atribut produk tersebut meliputi merek, kemasan, harga, dan kualitas produk. Hal ini dikarenakan atribut produk akan membentuk image produk di mata konsumen yang pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan pembeliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh baik secara simultan antara atribut produk terhadap keputusan pembelian, serta mengetahui dan menjelaskan pengaruh baik secara parsial antara atribut produk terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan Atribut Produk (X) yang terdiri dari Variabel Merek (X1), Kemasan (X2), Harga (X3), dan Kualitas (X4) sebagai variabel bebas dan Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Sampel yang digunakan sebanyak 85 orang responden yaitu mahasiswa laki-laki program Strata-1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2003/2004 dan 2004/2005 Jurusan Administrasi Bisnis dan Jurusan Administrasi Publik yang mengkonsumsi rokok Sampoerna A-Mild, dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Dan untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk terhadap Pengambilan keputusan pembelian, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan regresi parsial. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel Atribut Produk (X) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung 71,484 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05). Dengan analisis regresi parsial Variabel Kualitas (X4) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel pengambilan keputusan pembelian (Y) dengan nilai koefisien regresi terbesar 0,310, dan dengan kualitas yang senantiasa terjaga maka konsumen akan tetap menggunakan produk tersebut. Berdasarkan penelitian ini pula diketahui bahwa variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi sebesar 77,0% oleh variabel-variabel Atribut produk secara bersamasama, sedangkan sisanya sebesar 23,0% dipengaruhi oleh variabel lain. Oleh sebab itu disarankan agar perusahaan untuk lebih memperhatikan atribut produk terutama faktor merek, kemasan, harga, dan kualitas,karena hal ini merupakan faktor yang dipertimbangan konsumen didalam pengambilan keputusan pembelian. Dan hendaknya pemasar senantiasa menjaga dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan karena kualitas produk mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sehingga konsumen akan tetap merasa yakin untuk tetap mengkonsumsi produk rokok Sampoerna A mild.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/23/050700728
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2008 12:29
Last Modified: 22 Oct 2021 01:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113372
[thumbnail of 050700728.pdf]
Preview
Text
050700728.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item