Megawidowati, Saras (2018) Pemetaan Distribusi SOx, NOx dan PM10 dari Emisi Kendaraan Bermotor di Area Pendidikan dan Perkantoran Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pertumbuhan penduduk yang pesat di Kota Malang disebabkan oleh perkembangan kota berupa bertambahnya pusat-pusat kegiatan, seperti pendidikan dan perkantoran. Hal tersebut berakibat pada peningkatan kebutuhan transportasi sehingga meningkatkan jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke tahun di Kota Malang. Kontribusi gas buang kendaraan bermotor sebagai sumber polusi udara mencapai 60-70%, senyawa-senyawa yang diemisikan seperti SOx (oksida-oksida sulfur), NOx (oksida-oksida nitrogen) dan Particulate Matter 10. Penelitian ini dilakukan untuk membuat simulasi dan validasi dispersi SOx, NOx dan PM10 dengan metode Finite Length Line Source berbasis model Gaussian. Tahapan dalam penelitian ini antara lain pengumpulan dan analisis data primer, pengumpulan data sekunder, penyusunan simulasi FLLS, validasi dan visualisasi. Tahap pengumpulan data primer dilaksanaan selama satu hari pada tanggal 18 September 2017 pukul 08.00 – 09.00 WIB. Sampling kualitas udara ambien dilaksanakan pada 2 titik, sedangkan traffic counting dillaksanakan pada 7 titik. Pengambilan data primer mengacu pada SNI No 19-7119.6-2005 tentang Penentuan Lokasi Pengambilan Contoh Uji Pemantauan Kualitas Udara Ambien, analisis data primer SOx, NOx dan PM10 masing-masing mengacu pada QI/LKA/67, SNI 19-7-7119.7-2005 dan QI/LKA/69. Tahap pengumpulan data sekunder yakni terdiri dari beberapa instansi seperti BMKG Karangploso untuk data meteorologi dan BAPPEDA untuk peta administrasi Kota Malang. Simulasi FLLS disusun berdasarkan data primer dan sekunder yang diperoleh. Tahap validasi secara statistik menggunakan metode Fractional Bias. Visualisasi dan analisis spasial dispersi konsentrasi SOx, NOx dan PM10 menggunakan software Surfer 11. Hasil konsentrasi SOx, NOx dan PM10 dengan metode gaussian finite length line source tertinggi terdapat pada titik pengamatan di segmen Jl. Soekarno Hatta masing-masing sebesar 5,620 μg/Nm3, 121,482 μg/Nm3 dan 0,014 mg/Nm3. Selanjutnya untuk konsentrasi terendah terdapat pada Jl. Pasar Besar sebesar 1,952 μg/Nm3, 42,003 μg/Nm3 dan 0,005 mg/Nm3. Konsentrasi SOx, NOx dan PM10 yang diperoleh dari hasil FLLS pada jarak 40 m dibandingkan dengan baku mutu SOx, NOx dan PM10 masing-masing sebesar 262 μg/Nm3 dan 92,5 μg/Nm3 dan 329 mg/Nm3. Didapatkan konsentrasi SOx, NOx dan PM10 seluruhnya masih berada di bawah baku mutu, kecuali konsentrasi NOx di Jl. Soekarno Hatta, Jl. Kawi, Jl. Merdeka Selatan dan Jl. Veteran yaitu sebesar 121,482 μg/Nm3, 93,6296 μg/Nm3, 97,59354 μg/Nm3 dan 100,4266 μg/Nm3. Sedangkan konsentrasi hasil FLLS pada jarak 40 – 200 m digunakan untuk melihat konsentrasi tiap jarak yang telah ditentukan di semua titik pengamatan. Analisis validasi Fraction Bias dalam rentang -2 sampai dengan 2, menunjukkan kesesuaian antara model dengan kondisi nyata. Nilai hasil validasi menunjukkan nilai fractional bias berada di kisaran angka 2 untuk konsentrasi SOx dan NOx serta -2 untuk PM10. Nilai FB SOx, NOx dan PM10 sebesar 1,923; 2,587 dan -2,032. Nilai FB untuk polutan NOx dan PM10 melewati batas rentang FB masing-masing sebesar 0,587 dan -0,32. Visualisasi dengan pemetaan dilakukan untuk konsentrasi hasil pemodelan FLLS pada jarak 40 m. Berdasarkan peta sebaran SOx, NOx dan PM10 untuk titik pengamatan dengan konsentrasi tertinggi yaitu Jl. Soekarno Hatta, ditandai oleh warna ungu, dengan rentang konsentrasi SOx, NOx dan PM10 masing-masing sebesar 5,2 – 5,4 μg/Nm3, 115 – 125 μg/Nm3 dan 0,013 – 0,014 mg/Nm3. Titik pengamatan dengan konsentrasi terendah yaitu Jl. Pasar Besar didominasi warna hijau, dengan rentang konsentrasi SOx, NOx dan PM10 masing-masing sebesar 3,4 – 3,6 μg/Nm3, 70 – 80 μg/Nm3 dan 0,008 – 0,009 mg/Nm3.
English Abstract
Rapid population growth in Malang City is caused by the development of cities in the form of increasing centers of activities, such as education and offices. This resulted in an increase in transportation needs, increasing the number of vehicles from year to year in the city of Malang. The contribution of motor vehicle exhaust as source of air pollution reaches 60-70%, emitted compounds such as SOx (sulfur oxides), NOx (nitrogen oxides) and Particulate Matter 10. This research was conducted to make simulation and validation of SOx, NOx and PM10 dispersion with Finite Length Line Source method based on Gaussian model. Stages in this study include primary data collection and analysis, secondary data collection, preparation of FLLS simulation, validation and visualization. The primary data collection stage was carried out for one day on 18 September 2017 at 08.00 - 09.00 WIB. Ambient air quality sampling is conducted at 2 points, while traffic counting is executed at 7 points. Primary data retrieval refers to SNI No 19-7119.6-2005 on Determination of Ambient Air Quality Monitoring Sampling Site, the analysis of primary data SOx, NOx and PM10 respectively refer to QI/LKA/67, SNI 19-7-7119.7-2005 and QI/LKA/69. Secondary data collection stage that consists of several agencies such as BMKG Karangploso for meteorological data and BAPPEDA for administrative map of Malang City. FLLS simulation is arranged based on primary and secondary data obtained. Validation stage is statistically using Fractional Bias method. Visualization and spatial analysis of concentration dispersion SOx, NOx and PM10 using Surfer 11. The results of SOx, NOx and PM10 concentrations with the highest gaussian finite length line source method are at the point of observation in Jl. Soekarno Hatta respectively of 5,620 μg/Nm3, 121,482 μg/Nm3 and 0.014 mg/Nm3. Further to the lowest concentration is in Jl. Pasar Besar of 1,952 μg/Nm3, 42,003 μg/Nm3 and 0.005 mg/Nm3. The concentrations of SOx, NOx and PM10 obtained from FLLS results at a distance of 40 m compared to the SOx, NOx and PM10 grades respectively of 262 μg/Nm3 and 92.5 μg/Nm3 and 329 mg/Nm3. The concentration of SOx, NOx and PM10 is still below the standard, except for NOx concentration at Jl. Soekarno Hatta, Jl. Kawi, Jl. Merdeka Selatan and Jl. Veterans are 121,482 μg/Nm3, 93,6296 μg/Nm3, 97,59354 μg/Nm3 and 100,4266 μg/Nm3 respectively. While the concentration of FLLS results at a distance of 40 - 200 m is used to see the concentration of each distance that has been determined at all points of observation. Fraction bias validation analysis in the range of -2 to 2, shows the suitability between models with real conditions. The value of the validation result shows the fractional bias value in the range of number 2 for the concentration of SOx and NOx and -2 for PM10. The value of FB SOx, NOx and PM10 is 1,923; 2,587 and -2,032. FB values for NOx and PM10 pollutants cross the FB range limits of 0.587 and -0.32 respectively. Visualization with the mapping was done for the concentration of FLLS modeling results at a distance of 40 m. Based on the dispersion map of SOx, NOx and PM10 for observation point with the highest concentration that is Jl. Soekarno Hatta, characterized by purple color, with concentration range of SOx, NOx and PM10 respectively of 5.2 - 5.4 μg/Nm3, 115 - 125 μg/Nm3 and 0.013 - 0.014 mg/Nm3. Observation point with the lowest concentration of Jl. Pasar Besar is dominated by green color, with concentration range of SOx, NOx and PM10 respectively of 3.4 - 3.6 μg/Nm3, 70 - 80 μg / Nm3 and 0.008 - 0.009 mg/Nm3.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2018/79/051802479 |
Uncontrolled Keywords: | SOx, NOx, PM10, Finite Length Line Source, FLLS. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.3 Tools, machinery, apparatus, equipment / Agricultural engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 05:50 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11335 |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
Actions (login required)
View Item |