Diversifikasi produk untuk meningkatkan penjualan : Studi kasus pada perusahaan kacang sanghai "Gangsar" Tulungagung

AchmadSaifulAnwar (2007) Diversifikasi produk untuk meningkatkan penjualan : Studi kasus pada perusahaan kacang sanghai "Gangsar" Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan sebagai pihak produsen berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Banyaknya perusahaan yang menghasilkan produk sejenis mengakibatkan semakin ketatnya tingkat persaingan yang dihadapi oleh perusahaan untuk mendapatkan konsumen. Menghadapi fenomena ini, salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah diversifikasi produk. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan diversifikasi produk dan bagaimana hubungan diversifikasi produk dengan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan diversifikasi dan hubungannya terhadap penjualan produk pada Perusahaan Kacang shanghai “Gangsar”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini, berusaha untuk menggambarkan diversifikasi produk yang dilakukan dan mengetahui seberapa besar hubungan diversifikasi produk dengan penjualan. Data yang dikumpulkan akan diolah dengan analisis Growth Mean, metode Least Square dan Korelasi Sederhana. Berdasarkan analisis Growth Mean diketahui bahwa rata-rata pertumbuhan volume dan omset penjualan sebelum diversifikasi produk adalah sebesar 0,15% dan 1,48%, setelah diversifikasi produk rata-rata pertumbuhan volume dan omset penjualan meningkat sebesar 0,33% dan 4,24%. Hasil analisis Trend dengan metode Least Square untuk penjualan total diproyeksikan mengalami kenaikan. Nilai koefisien korelasi antara volume dan omset penjualan dengan diversifikasi produk masing-masing sebesar 0,990 dan 0,891 menunjukkan bahwa hubungan antara diversifikasi produk dengan penjualan adalah sangat kuat. Dengan demikian, kebijakan diversifikasi produk yang diambil perusahaan sudah tepat. Atas temuan penelitian yang dikemukakan menunjukkan bahwa kebijakan diversifikasi produk yang diambil oleh perusahaan telah mendorong tingkat penjualan perusahaan ke arah yang lebih baik. Produk baru yang dihasilkan dalam diversifikasi produk telah memberikan kontribusi yang baik dan menunjukkan rata-rata kenaikan dalam hal kontribusinya dalam volume penjualan total dan omset penjualan total sesudah diversifikasi produk. Serta menunjukkan bahwa keberhasilan atau efektifitas diversifikasi produk masih perlu didukung oleh kebijakan-kebijakan lain seperti pengembangan, penggencaran promosi, perluasan daerah pemasaran agar penjualan perusahaan dapat ditingkatkan Kata kunci: Diversifikasi Produk, Penjualan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/124/050701359
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Jun 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 00:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113343
[thumbnail of 050701359.pdf]
Preview
Text
050701359.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item