Pengaruh penerapan bauran pemasaran terhadap keputusan wisatawan memilih tempat wisata : Studi kasus pada PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya Batu-Malang.

NeishaDianAgrianne (2007) Pengaruh penerapan bauran pemasaran terhadap keputusan wisatawan memilih tempat wisata : Studi kasus pada PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya Batu-Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan menggunakan tujuh variabel bebas yaitu bauran pemasaran (produk, harga, promosi, tempat, penyampaian jasa, bukti fisik, dan proses), serta variabel terikat yaitu keputusan wisatawan memilih tempat wisata. Dan sebagai sampelnya adalah wisatawan PT. kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya selama penelitian berlangsung yaitu mulai tanggal 14 Januari - 02 Februari 2007. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan diperoleh sebanyak 96 orang sebagai respondennya. Dan instrumen untuk pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua analisis data yaitu analisis faktor dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7 faktor yang dipertimbangkan dalam mempengaruhi keputusan wisatawan yaitu faktor produk (X 1 ), harga (X 2 ), promosi (X 3 ), tempat (X 4 ), penyampaian jasa (X 5 ), bukti fisik (X 6 ), dan proses (X 7 ). Ketujuh faktor tersebut secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan wisatawan dengan koefisien korelasi sebesar 0,569 dan nilai F hitung sebesar 6,014 sigifikansinya 0,000 serta nilai koefisien determinan yang disesuaikan (R 2 ) sebesar 32,4 %. Diketahui juga bahwa faktor dominan yang mempengaruhi keputusan wisatawan adalah faktor harga dengan t hitung sebesar 3,473 dan nilai koefisien Beta terbesar yaitu sebesar 0,325. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa ada 7 faktor yang dipertimbangkan wisatawan dalam memilih tempat wisata dan mempunyai pengaruh secara simultan terhadap keputusan wisatawan (Y). Namun s ecara parsial faktor produk (X 1 ), faktor harga (X 2 ), faktor promosi (X 3 ), faktor lokasi (X 4 ), dan faktor bukti fisik (X 6 ) berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan (Y), sedangkan untuk faktor penyampaian jasa (X 5 ), dan faktor proses (X 7 ) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan. Faktor yang dominan adalah faktor harga (X 2 ). Dengan diketahui adanya pengaruh yang signifikan dari faktor-faktor bauran pemasaran terhadap keputusan wisatawan memilih tempat wisata, diharapkan perusahaan lebih memperhatikan agar program pemasaran yang dijalankan dapat terlaksana dengan lancar sesuai dengan tujuan perusahaan. Dengan munculnya faktor harga sebagai faktor dominan hal ini dapat dijadikan perhatian utama dalam program pemasaran, dengan jalan tetap mempertahankan atau meningkatkan kualitas sesuai dengan harapan wisatawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/122/050701357
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Jul 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 00:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113342
[thumbnail of COVER_dan_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER_dan_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_BAB_I_sampai_BAB_V.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_BAB_I_sampai_BAB_V.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item