Pengaruh Brand Image Honda terhadap keputusan konsumen membeli Sepeda Motor Honda : survei pada masyarakat pembeli Sepeda Motor Honda Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Solo

BrataPurnama (2007) Pengaruh Brand Image Honda terhadap keputusan konsumen membeli Sepeda Motor Honda : survei pada masyarakat pembeli Sepeda Motor Honda Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Solo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingginya permintaan sepeda motor di Indonesia beberapa tahun terakhir mengakibatkan perusahaan produsen sepeda motor berlomba-lomba untuk dapat memasarkan produknya di pasaran dan dapat bersaing dengan para pesaingnya. Salah satu aset untuk mencapai keadaan tersebut adalah brand (merek), dan brand image merupakan kunci dari penciptaan nilai merek yang kuat di benak pelanggan. Brand image (citra merek) merupakan sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dan melekat di benak konsumen. Brand image memiliki tiga komponen yaitu citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk. Sepeda motor Honda di Indonesia memiliki citra irit, tangguh, dan ekonomis. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh baik secara simultan maupun parsial dari brand image Honda yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk terhadap keputusan konsumen membeli sepeda motor Honda, serta variabel apakah yang dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli sepeda motor Honda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara brand image Honda terhadap keputusan konsumen membeli sepeda motor Honda, dan untuk mengetahui variabel yang dominan berpengaruh dari citra merek (brand image) terhadap keputusan konsumen membeli sepeda motor Honda. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian penjelasan (explanatory research) yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel citra pembuat/corporate image (X1), citra pemakai/user image (X2) dan citra produk/ product image (X3), dan variabel terikatnya adalah keputusan konsumen membeli sepeda motor Honda (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, dan sampel untuk penelitian ini adalah 100 orang masyarakat Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo pembeli sepeda motor Honda. Teknik pengumpulan data yang digunakan berisikan sumber data yang terdiri dari data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data yang terdiri dari kuisioner dan wawancara serta instrumen penelitian yang terdiri dari kuisioner dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel citra pembuat (X1), citra pemakai (X2), dan citra produk (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen membeli sepeda motor Honda serta memberikan kontribusi sebesar 10,4 % terhadap variabel Y. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat penurunan citra merek Honda di mata masyarakat Indonesia, dan berakibat terhadap penurunan penjualan sepeda motor Honda pada bulan Juli tahun 2007. Secara parsial, hanya variabel citra produk yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen membeli sepeda motor Honda yaitu dengan probabilitas sebesar 0,034 (p < 0,05). Variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli sepeda motor Honda yaitu variabel citra produk (X3) dengan koefisien beta sebesar 0,222 dan probabilitas sebesar 0,034. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel citra produk berpengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda. Hal ini bukan berarti bahwa variabel citra pembuat dan citra pemakai tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda, kedua variabel tersebut memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda. Oleh karena itu, hendaknya perusahaan Honda lebih memperhatikan pembentukan citra merek (brand image) agar dapat meningkatkan penjualan sepeda motor Honda dengan menggunakan komunikasi pemasaran terpadu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/050702963
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 14:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113297
[thumbnail of 050702963.pdf]
Preview
Text
050702963.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item