Reformasi Pelayanan Publik pada Kantor Bersama Samsat Batu Kota : studi pada Bagian Pelayanan Drive Thru Kantor Bersama Samsat Batu Kota

DweeYossyRiantoA (2007) Reformasi Pelayanan Publik pada Kantor Bersama Samsat Batu Kota : studi pada Bagian Pelayanan Drive Thru Kantor Bersama Samsat Batu Kota. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses reformasi yang ditempuh Kantor Bersama Samsat Batu Kota dalam pelayanan publik, dan kendala-kendala apa yang di hadapi Kantor Bersama Samsat Batu Kota sebagai subyek penelitian dalam memperbaiki pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses reformasi yang ditempuh Pihak Kantor Bersama Samsat Batu Kota dalam melakukan perbaikan pelayanan publik, serta untuk mendeskripsikan dan menganalisis kendala-kendala apa yang di hadapi Kantor Bersama Samsat Batu Kota sebagai subyek penelitian dalam reformasi pelayanan publik. Metode penelitian yang dipakai dalam skripsi ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah 1) Proses reformasi Pelayanan publik Kantor Bersama Samsat Batu Kota yang meliputi, Aktor yang terlibat dalam proses reformasi pelayanan publik, Sarana dan prasarana penunjang, Mekanisme Pendaftaran Ulang dari proses reformasi pelayanan publik, Hasil yang telah dicapai terhadap reformasi pelayanan publik. 2) Kendala-kendala yang di hadapi Kantor Bersama Samsat Batu Kota dalam Reformasi Pelayanan publik yang meliputi kendala teknis dan non teknis. Proses reformasi yang dilakukan Kantor Bersama Samsat Batu Kota yaitu dengan melakukan pembenahan terhadap sikap dan perilaku aparat serta melakukan peninjauan terhadap kelengkapan sarana dan prasarana penunjang dalam pelayanan. Oleh karena itu, diharapkan reformasi yang dilakukan oleh Samsat Batu Kota dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat khususnya wajib pajak. Hasil yang diperoleh dalam reformasi pelayanan yang dilakukan oleh Kantor Bersama Samsat Batu Kota yaitu Sikap dan perilaku aparat di Samsat Batu sudah cukup memuaskan, hal ini dibuktikan dengan hasil responden wajib pajak yang sebagian besar menyatakan puas akan keramahan dan daya tanggap dari aparat pelayanan Samsat Batu dan Sarana dan Prasarana Penunjang di Samsat Batu dapat dikatakan sudah cukup memadai karena hal ini juga dapat di dibuktikan dengan hasil responden wajib pajak yang sebagian besar yaitu 95% menyatakan puas akan sarana dan prasarana yang disediakan oleh Samsat Batu. Kendala-kendala yang dihadapi Kantor Bersama Samsat Batu Kota, Kendala Teknis yang dihadapi Samsat Batu adalah kurangnya tenaga operator komputer yang dapat mempengaruhi kinerja pelayanan publik, Kurangnya keterampilan yang dimiliki aparat pelayanan dalam pengoperasian komputer apabila terjadi human error, Adanya kesalahan pada posisi bangunan sarana dan prasarana yang dapat mempengaruhi kualitas dalam pelayanan system Drive Thru, Kendala Non Teknis yang dihadapi Samsat Batu adalah Masih kurangnya mengertinya masyarakat dalam tata cara pembayaran PKB melalui Sistem Drive Thru, dan kendala yang lainnya yaitu, para aparat pada bagian pelayanan di Loket Drive Thru merasa gerah karena udara panas ketika siang dan angin yang kencang masuk ruangan yang menyebabkan dokumen-dokumen ikut terbang berserakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/050702894
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 14:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113295
[thumbnail of 050702894.pdf]
Preview
Text
050702894.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item