EkaDPristiAyuningtyas (2007) Pemilihan Produk Susu Kemasan Karton Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian : Suatu kajian pada Ibu-Ibu yang Mempunyai Balita di Kelurahan Purbosuman dan Kelurahan Surodikraman Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Masalah utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah besarnya pengaruh kemasan suatu produk terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk susu kemasan karton. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor kemasan yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian, untuk menguji faktor kemasan yang mempengaruhi keputusan pembelian dan untuk menentukan faktor kemasan yang mempunyai pengaruh dominan diantara faktor-faktor Bahan Kemasan (X1), Daya Tarik Visual Kemasan (X2), Daya Tarik Praktis Kemasan (X3) dan Etika Kemasan (X4) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan ( explanatory research ) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan wawancara kepada Ibu-ibu yang mempunyai balita dan mengkonsumsi susu kemasan karton sebanyak 100 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi parsial. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan analisis faktor menunjukkan bahwa faktor kemasan yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian terdiri dari faktor etika kemasan, faktor daya tarik praktis kemasan dan faktor daya tarik visual kemasan. Berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel bebas yang terdiri dari Etika Kemasan (X1), Daya Tarik Praktis Kemasan (X2), dan Daya Tarik Visual Kemasan (X3) mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,672 dan nilai F hitung sebesar 26,290 dengan tingkat signifikansi signifikansi 0,000 serta nilai koefisien determinasi yang disesuaikan (R 2 ) sebesar 43,4%. Diketahui juga bahwa faktor dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah faktor etika kemasan dengan t hitung sebesar 8,694 dan nilai koefisien regresi terbesar yaitu 1,158. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa kemasan mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sehingga perlu diperhatikan oleh produsen dalam memproduksi produk yang akan dipasarkan agar dapat menarik konsumen untuk membelinya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2007/050702268 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Aug 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 14:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113266 |
Preview |
Text
050702268.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |