Penerapan Cost Volume Profit Analysis Sebagai Alat Perencanaan Laba Dan Pengambilan Keputusan Manajemen : Studi Pada PT BPR “Sentral Arta Sejahtera” Kraksaan Probolinggo.

SenjaCitraIrawan (2007) Penerapan Cost Volume Profit Analysis Sebagai Alat Perencanaan Laba Dan Pengambilan Keputusan Manajemen : Studi Pada PT BPR “Sentral Arta Sejahtera” Kraksaan Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan analisis CVP pada praktek perbankan, khususnya di BPR Sentral Arta Sejahtera (2) Mengevaluasi perencanaan laba yang diterapkan pada perusahaan, sehingga bermanfaat untuk merencanakan laba dan pengambilan keputusan. Tehnik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Biaya yang dikeluarkan diklasifikasikan ke dalam biaya tetap dan biaya variabel (2) Konsep pendapatan total yang harus diterima diasumsikan sebagai pendapatan bunga (3) Dilakukan penyusunan ikhtisar jumlah biaya variabel dan biaya tetap (4) Dilakukan perhitungan Cost Volume Profit Analysis (5) dari perhitungan tersebut disesuaikan untuk perencanaan laba dan pengambilan keputusan manajemen. Berdasarkan hasil pengamatan, diketahui bahwa BPR Sentral Arta Sejahtera belum menerapkan suatu alat Bantu yang dapat memberikan gambaran dalam perencanaan laba yang dibuat, karena selama ini hampir seluruh keputusan yang menyangkut kebijaksanaan manajemen bank diatur direktur bank. Keputusan seringkali dibuat berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, sehingga dapat memberikan peluang kurangnya perhitungan cermat terhadap perubahan biaya yang mungkin terjadi pada tahun berikutnya. Dengan bantuan suatu analisis yang tepat diharapkan dapat menciptakan suatu keadaan yang mendukung pelaksanaan operasi bank ( khususnya BPR Sentral Arta Sejahtera), sehingga manajemen bank dapat mengusulkan / membuat kebijaksanaan yang sesuai dengan keadaan dan target yang hendak diacapai. Salah satu alat analisis adalah Cost Volume Profit Analysis , yang menggunakan perhitungan titik impas untuk mencari tingkat penjualan minimal (kredit yang disalurkan) oleh perusahaan, dengan tingkat biaya tertentu dan jumlah laba yang telah ditetapkan. Dengan bantuan titik impas yang mengetahui sampai seberapa jauh pencapaian target usaha telah dicapai dan apabila rencana yang telah ditetapkan sebelumnya sulit dicapai maka dapat segera dikeluarkan kebijaksanaan baru untuk mengatasi hal tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/050702264
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Aug 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 14:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113262
[thumbnail of 050702264.pdf]
Preview
Text
050702264.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item