MeiEkoPrasetyoNugroho (2007) Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Prestasi Kerja : Studi pada karyawan PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian dengan judul “Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Prestasi Kerja yang dilakukan terhadap karyawan PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang”. Hal ini dilatar belakangi karena penempatan merupakan salah satu aspek penting dalam proses perencanaan sumberdaya manusia. Tepat tidaknya seseorang ditempatkan pada suatu posisi tertentu tergantung pada posisi penempatan tersebut, jika fungsi ini tidak dilaksanakan dengan baik, maka sumberdaya manusia yang ada menjadi kurang produktif dan akan berakibat fatal terhadap pencapaian tujuan-tujuan tertentu organisasi. Penempatan merupakan serangkaian langkah kegiatan yang dilaksanakan untuk memutuskan apakah tepat atau tidaknya seorang karyawan ditempatkan pada posisi tertentu yang ada di dalam perusahaan. Penempatan yang tepat merupakan cara untuk mengoptimalkan kemampuan, ketrampilan dan sikap menuju prestasi kerja bagi karyawan itu sendiri. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian penjelasan ( explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 75 karyawan PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Pengujian yang dilakukan meliputi uji validitas dan reliabilitas, kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda yang dibantu dengan komputer program SPSS 11.5 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis regresi linear berganda dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu variabel kesesuaian pengetahuan(X 1 ) , kesesuaian ketrampilan (X 2 ), dan kesesuaian sikap (X 3 ) mempunyai pengaruh yang positif terhadap variabel terikat yaitu prestasi kerja karyawan (Y). Berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel kesesuaian pengetahuan (X 1 ) , kesesuaian ketrampilan (X 2 ), dan kesesuaian sikap (X 3 ) terhadap variabel prestasi kerja karyawan (Y), sedangkan variabel yang berpengaruh besar terhadap prestasi kerja karyawan (Y) adalah variabel kesesuaian sikap (X 3 ), yang ditunjukkan dengan nilai koefisien beta terbesar yaitu sebesar 0,294. Saran yang diajukan adalah berdasarkan hasil uji t bahwa variabel yang berpengaruh besar terhadap variabel prestasi kerja karyawan (Y) adalah variabel kesesuaian sikap (X 3 ), maka PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang sebaiknya lebih memperhatikan lagi variabel kesesuaian sikap (X 3 ) tetapi dengan tidak mengesampingkan variabel lain seperti kesesuaian pengetahuan (X 1 ), dan kesesuaian ketrampilan (X 2 ).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2007/050702030 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 08 Aug 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 14:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113254 |
Preview |
Text
050702030.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |