MarinaUtaminingsih (2007) Pengaruh Pesan Iklan Terhadap Proses Keputusan Pembelian : Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya yang dipengaruhi Pesan Iklan di Televisi sebagai Konsumen Produk Teh Botol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena mengingat pentingnya periklanan dalam suatu bidang usaha yang ingin mendapatkan keuntungan optimal dengan biaya yang seminimal mungkin. Keuntungan optimal ini dapat didapatkan melalui bauran promosi ( promotional mix ) yang salah satu bagiannya adalah periklanan, baik melalui media cetak maupun elektronika. Iklan melalui media cetak dapat menggunakan koran, majalah, katolog atau tabloid. Sedangkan melalui media elektronika dapat menggunakan radio, televisi dan internet. Hasil dari suatu penelitian mengenai Perilaku Pembelian Teh Dalam Keluarga, terdapat intensitas seseorang menonton televisi, mengatakan bahwa iklan melalui televisi mendapat perhatian sekitar 62% dibandingkan media cetak atau elektronika lainnya. (Surjadi, Subarna dan Rosyadi, 2002) Teh adalah minuman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, selain sebagai penetralisir racun dalam tubuh juga sebagai pelepas dahaga. Sehingga banyak perusahaan yang menawarkan produk teh dengan berbagai macam rasa dan kemasan untuk mencegah kebosanan dalam hal rasa dengan cara mencampur antara teh dengan aneka buah atau dengan karbonasi. Teh Botol Sosro merupakan market leader di antara produk lain yang sejenis karena selain sudah terkenal di berbagai kalangan masyarakat dan jumlah konsumen potensial yang besar, juga mempunyai mutu dan kualitas yang tak diragukan lagi. Sehingga Teh Botol Sosro dalam rasa dan kualitas masih mempertahankan rasa pekat untuk mempertajam rasa bahwa asli tanpa bahan pengawet dan dicampur dengan bahan lain. Iklan yang ditayangkan di televisi untuk produk Teh Botol Sosro ini menggunakan berbagai macam versi yang kesemuanya lebih menonjolkan display produk. Versi dari iklan Teh Botol Sosro diantaranya versi makan ati, versi kuda lumping, versi rantai makanan dan versi kantin karyawan. Peneliti menggunakan metode survai dengan pengambilan sapel menggunakan Proportional Random Sampling , dimana respondennya adalah mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis angkatan 2003 – 2005 baik Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) maupun Saringan Program Minat dan Kemampuan (SPMK) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Dari penelitian yang telah dilakukan menujukkan bahwa pesan iklan yang di dalamnya terdapat variabel, diantaranya variabel pengenalan dan ingatan, variabel emosi, variabel tergugahnya psikologis, variabel persuasi dan variabel tanggapan penjualan; dan setelah melakukan analisis diketahui bahwa variabel pengenalan dan ingatan adalah variabel dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian Teh Botol Sosro.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2007/050701936 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 02 Aug 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 14:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113241 |
Preview |
Text
050701936.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |