IstianingrumKurnia (2007) Faktor-Faktor Network Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Distributor : suatu kajian pada Distributor Tiens Group Indonesia di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tingginya tingkat persaingan yang ada membuat banyak pelaku bisnis membuat terobosan dalam berbagai hal, salah satunya bisnis Network Marketing merupakan peluang yang baik dan memungkinkan setiap orang yang bergabung untuk dapat membangun bisnisnya sendiri. Dengan mempercayakan bisnis pada sistem yang benar orientasi distributor guna mencapai kinerja yang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor Network Marketing yang dipertimbangkan distributor dalam kinerjanya, untuk menjelaskan faktor Network Marketing yang mempengaruhi kinerja distributor dan untuk menjelasakan faktor Network Marketing yang mempunyai pengaruh dominan di antara faktor-faktor komitmen, sikap positif, motivasi, produk, pelayanan, ketekunan dan jaringan terhadap kinerja distributor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap 93 orang responden yang menjadi distributor Tiens di Malang pada bulan Agustus 2006 sampai dengan bulan November 2006. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling . Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan tiga analisis data yaitu analisis deskriptif, analisis faktor dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 faktor yang dipertimbangkan dalam Network Marketing yang mempengaruhi kinerja distibutor yaitu komitmen (X1), sikap positif (X2), faktor motivasi (X3), faktor produk (X4), pelayanan (X5), ketekunan (X6), dan jaringan (X7). Ketujuh faktor tersebut secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel kinerja distributor dengan koefisien korelasi sebesar 0,594 dan nilai F hitung sebesar 6,615 sigifikansinya 0,000 serta nilai koefisien determinan yang disesuaikan (R2) sebesar 35,3 %. Diketahui juga bahwa faktor dominan yang mempengaruhi kinerja distributor adalah faktor produk dengan t hitung sebesar 2,351 dan nilai koefisien Beta terbesar yaitu sebesar 0,238. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa dari ketujuh faktor ada 7 faktor yang dipertimbangkan distributor dalam kinerjanya dan mempunyai pengaruh secara simultan terhadap kinerja distributor (Y), namun secara parsial faktor motivasi (X3) dan faktor produk (X4) yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja distributor (Y), sedangkan faktor komitmen (X1), faktor sikap positif (X2), faktor pelayanan (X5), faktor ketekunan (X6) dan faktor jaringan (X7) tidak berpengaruh signifikan. Faktor yang dominan adalah faktor produk (X4).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2007/050700729 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 27 Nov 2008 10:14 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 13:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113183 |
Preview |
Text
050700729.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |