Analisis Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing : Studi pada Usaha Gerabah Merah “Seni Kria Pottery” Kota Malang.

FaridaKurniaSari (2006) Analisis Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing : Studi pada Usaha Gerabah Merah “Seni Kria Pottery” Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Kecil Menengah merupakan salah satu penggerak ekonomi Indonesia, walaupun jika dibandingkan dengan negara lain peranannya masih kurang. Saat perekonomian Indonesia dilanda krisis, sektor ekonomi ini ternyata terbukti bisa bertahan ketika sektor-sektor lain harus gulung tikar. Keinginan untuk terus mengembangkan UKM selama ini terbentur dengan berbagai kendala. Hal ini juga terjadi pada usaha gerabah merah di Kota Malang. Sebenarnya produk ini mempunyai prospek yang cukup bagus untuk dikembangkan namun diperlukan perbaikan manajemen terutama pemasaran. Untuk itu maka usaha gerabah merah perlu membuat strategi pemasaran. Perumusan strategi pemasaran yang tepat harus didasarkan pada analisis yang menyeluruh terhadap pengaruh faktor-faktor lingkungan. Untuk itu diperlukan sebuah analisis yang mendalam tentang kekuatan dan kelemahan dari usaha gerabah merah sehingga nantinya dapat memanfaatkan semua potensi internalnya untuk menghadapi segala peluang dan ancaman yang mungkin saja timbul dari luar sehingga mampu meningkatkan keunggulan bersaing yang merupakan titik tolak bahwa perusahaan tersebut berada pada posisi bersaing yang ideal dibandingkan dengan pesaing yang lain. Penelitian ini dilakukan di usaha gerabah merah Seni Kria Pottery di Jalan Mayjen Panjaitan 221 Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi lingkungan internal dan eksternal usaha gerabah merah Seni Kria Pottery dan mengetahui alternatif strategi pemasaran yang tepat, dengan membatasi lingkungan internal khusus pada bauran pemasaran sedangkan untuk lingkungan eksternal dibatasi pada lingkungan ekonomi; sosial, budaya, demografi dan lingkungan; politik, hukum dan pemerintah; lingkungan teknologi dan persaingan dimana data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT memperlihatkan skor IFAS sebesar 3,029 berarti posisi internal perusahaan kuat sedangkan EFAS dengan skor 2,973 diartikan bahwa perusahaan sedikit di atas rata-rata dalam usahanya menjalankan strategi yang memanfaatkan peluang dan dalam menghindari ancaman yang muncul. Dalam posisi berada di kuadran I maka alternatif strategi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan strategi SO yaitu dengan menggunakan beberapa strategi antara lain: menjaga kontinyuitas produksi, memperluas pangsa pasar, membuat desain gerabah yang sesuai dengan permintaan pasar dan menjaga relasi atau kerjasama yang baik dengan pemerintah untuk membantu pemasaran. Peneliti menyarankan perusahaan melakukan inovasi yang terus menerus guna untuk meningkatkan keunggulan bersaing, menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah dan segera mengatasi permasalahan produksi serta mengurangi ketergantungan pada pemasok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2006/506/050803365
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2008 10:16
Last Modified: 22 Oct 2021 13:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113169
[thumbnail of 050803365.pdf]
Preview
Text
050803365.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item